Mengurangi Lag Game dengan Cara Mengganti DPI Smartphone Android

Hai Sobat JurnalPedia, Salah satu cara melihat tingkat ketajaman dari layar smartphone sobat adalah dengan mengetahui berapa besar Dot Per Inch atau yang lebih dikenal dengan DPI. Semakin tinggi angkanya, maka akan tampak semakin rapat dan tentunya dalam bermain game akan semakin jernih tampilannya, dan tentu saja penggunaan CPU dan GPU akan meningkat sehingga pada devie kentang akan mengalami lag jika bermain sebagian game berat. Mengganti DPI ternyata dapat sobat lakukan pada smartphone Xiaomi tanpa harus menggunakan aplikasi lain lho.

Mengganti angka dari DPI smartphone ditujukan agar teks, gambar dan lainnya terlihat lebih kecil atau besar. Mungkin layar smartphone kamu saat ini cukup besar di atas 6 inch dan tulisannya terbilang kecil juga terlihat tajam gambarnya. Kamu bisa menurunkan besaran DPI agar terlihat lebih besar di layar. Lalu bagaimana caranya?


Mengganti DPI (Dot Per Inch) Smartphone Xiaomi Tanpa Aplikasi.

Tahapan pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan mengaktifkan fitur Developer Options pada menu Settings. Caranya sangat mudah, sobat tinggal masuk saja pada aplikasi Settings > About Phone dan tekan 5 kali pada bagian Versi MIUI. Nanti akan ada notifikasi bahwa sobat sudah membuka menu developers atau pengembangan.

Untuk tahap an selanjutnya, sobat bisa buka lagi aplikasi Settings > Additional Settings > Developers Options. Ketika sudah terbuka, silakan cari bagian Smallest Width dan ganti angkanya sesuka sobat. Jangan terlalu jauh yah dari angka semula. Silahkan coba dulu dengan angka berebeda dan tak jauh tentunya dari semula.

Jika nilai DPI sobat turunkan, maka seluruh bagian pada layar terlihat lebih besar. Bukan hanya teks saja yah, gambar, notifikasi dan lainnya juga akan lebih besar. Begitu pula ketika nilai DPI sobat naikkan, maka layar akan terlihat lebih kecil dan lebih rapat sehingga terlihat tajam. Nah, untuk bermain game saya sarankan ubah ke ukuran terkecil yaitu 320p. maka, game sobat dapat sobat mainkan dengan lancar.

Biasanya cara mengganti DPI pada smartphone adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Tapi Xiaomi memberikan fitur bawaan smartphone tersebut pada menu Developers mereka. Jadi sobat jangan takut yah menggunakan fitur tersebut yang memang sudah tersedia oleh Xiaomi sendiri.


Posting Komentar

0 Komentar