Cara Mudah Membuat Tas dari Daun Pandan Wangi

Hai sobat JurnalPedia, Daun pandan adalah tumbuhan monokotil yang mempunyai nama latin (Pandanus Amarylifolius Rax). Daun pandan adalah daun yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat. Daun pandan seringkali digunakan sebagai pewarna dan pewangi makanan. Selain manfaat tersebut, ternyata daun pandan juga dapat diolah menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai daya jual yang sangat tinggi lho. Nah, Di sini kita akan mempelajari tentang Cara membuat tas anyaman dari daun pandan, tentunya mudah namun harus teliti ya. Daun pandan sudah lama dikenal masyarakat sebagai penumbuh aroma pada produk makanan, produk kecantikan, sampai beragam produk kesehatan. Tetapi, saat ini, daun pandan juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tikar, kursi, tas, dan masih banyak berbagai macam suvenir lainnya. Nah pastinya, nilai ekonomis dari kerajinan pandan ini juga lumayan tinggi lho.



Sebelum daun pandan dibuat tas, daun pandan tersebut harus diproses melalui beberapa langkah/tahapan. Mari disimak yuk langkah-langkah tentang cara membuat kerajinan tangan dari daun pandan ini. Lets go!!!

Alat dan Bahan yang dibutuhkan : 

  • Daun Pandan
  • Gunting
  • Kertas karton
  • pensil
  • Benang
  • Jarum
  • Pernak-pernik seperti kancing, mata, pita dan lain-lain

Cara Membuatnya : 

  1. Pertama-tama, Siapkan daun pandan yang sudah dipanen dan dibuang duri-duri nya
  2. Kemudian, potong daun pandan sesuai dengan ukuran anyaman. Potongan daun pandan tersebut kemudian direbus selama 30 menit, yang tujuannya untuk menghilangkan getah daunnya.
  3. Setelah kira-kira 30 menit direbus, tahap selanjutnya adalah menjemur daun pandan ditempat yang sejuk  tapi jangan terkena sinar matahari langsung ya sob.
  4. Diamkan daun pandan selama 6 jam , lalu rendamlah daun pandan dengan air biasa selama 4 jam.
  5. Lalu jemur daun pandan di bawah sinar matahari sampai berwarna keputihan.
  6. Warnai daun pandan sesuai dengan selera sobat.
  7. Anyamlah daun pandan sesuai dengan pola tas yang sudah dirancang sebelumnya.
  8. Jangan lupa tambahkan aksesoris pelengkap seperti tali, kacing, mata, pita dan lain-lain supaya lebih bagus

Gimana sob, Sangat mudah kan membuat tas anyaman daun pandan, sobat pun dapat mencobanya sendiri dirumah. Tas yang dihasilkan pun dapat sobat gunakan sendiri maupun untuk dijual agar menghasilkan pundi-pundi rupiah. Selain itu sobat dapat menjadikan tas anyam pandan sebagai usaha kerajinan sobat sendiri.

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat tas anyam pandan yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Terimakasih

Posting Komentar

0 Komentar