-->

Billboard Ads

 Hai Sobat JurnalPedia, ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik untuk si kecil yang berumur 0-2 tahun. Tapi yang seringkali menjadi masalah adalah apabila si kecil (bayi anda) tidak dapat atau kurang mengkonsumsi ASI karena berbagai situasi. Salah satu alternatif untuk mengatasi problem ini adalah dengan menggunakan PASI (Pengganti ASI) yakni berupa susu formula.




SGM

Sarihusada selaku produsen susu SGM pada mulanya berdiri bernama Saridele dimana produsen ini awalnya memproduksi susu berbahan dasar/ dibuat dari kacang kedelai. Seiring berjalannya waktu, Saridele bertransformasi menjadi Sarihusada dan mulai memproduksi susu sapi dengan nama SGM yang merupakan singkatan dari Sarihusada Generasi Mahardika.

Note: PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi untuk ibu hamil & menyusui dan anak dengan rasa enak, terjangkau serta berstandar internasional. 

Selama 60 tahun Sarihusada sudah berkomitmen dalam memberikan nutrisi untuk Indonesia. Karena itulah SGM terus melakukan inovasi sehingga anak-anak Indonesia dapat mendapatkan nutrisi yang baik dengan harga yang pastinya terjangkau.


Kelebihan SGM

Berikut kelebihan SGM yang harus Sobat ketahui:

Harga Terjangkau

Untuk harga susu formula, SGM termasuk susu formula dengan harga paling murah dari merek-merek susu formula lainnya. Walaupun murah, SGM tetap mementingkan kandungan gizi di dalamnya. SGM sendiri mengandung zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah merah (eritrosit) dan membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi. Juga mengandung Prebiotik FOS Inulin yang membantu mempertahankan fungsi saluran cerna. Tak hanya itu, Terdapat juga Kolin yang bertugas sebagai pembentuk fosfatidilkolin, bagian terpenting dari membran sel.

Banyak Variasi Ukuran

Selain murah, Susu SGM hadir dengan berbagai ukuran kemasan dibandingkan merek-merek susu formula lain yaitu 120 gr, 150 gr, 400 gr, 600 gr dan 1000 gr. Hal ini sangat membantu orang tua yang ingin tahu apakah susu SGM cocok atau tidak dengan si kecil sehingga dapat membeli kemasan yang kecil dahulu, dan sangat membantu juga untuk orang tua yang berencana mengganti susu formula.

Memahami Kebutuhan Anak

SGM sangat memahami kebutuhan anak. Setiap anak mempunyai kondisi dan kebutuhan yang berbeda. Ada si kecil yang alergi terhadap protein, ada anak yang alergi terhadap susu sapi, dan ada si kecil yang tidak suka makan buah dan sayur. Nah, bagi orang tua yang memiliki anak dengan kondisi tersebut tak perlu khawatir karena SGM punya solusinya. SGM hadir dengan berbagai jenis susu yang cocok untuk yakni SGM Eksplor Soya untuk anak yang alergi susu sapi, SGM Eksplor PhPro untuk anak yang alergi protein, dan SGM Eksplor Buah dan Sayur untuk anak yang tidak suka makan sayur dan buah.


Kekurangan SGM

Berikut ini adalah kekurangan SGM yang harus Sobat ketahui :

Sering diragukan

Sebagian dari orang tua sering kali meragukan kualitas susu SGM karena harganya di pasaran yang lebih murah dibandingkan dengan susu-susu merek lain.

Kandungan Gula Tinggi

Jika Sobat memperhatikan lebih detail dan membandingkannya dengan produk lain, susu SGM mempunyai kandungan gula yang sedikit lebih tinggi lho. Hal ini diduga dapat menjadi penyebab obesitas pada si kecil karena mengonsumsi gula secara berlebih, jadi perlu dipikirkan lagi jika memiliki turunan diabetes.

Kemasan Masih Kotak Karton

Kemasan Susu SGM dapat dikatakan belum mempunyai varian lain selain kemasan kotak karton, bila dibandingkan dengan susu formula lain yang menawarkan beberapa pilihan seperti kemasan kaleng yang lebih mudah, karena bila susu dalam kemasan kotak karton, setelah dibuka harus di pindahkan ke wadah lain. Jika tidak, produk susu akan disemutin, dan tetu saja kualitas akan berkurang. 


Manfaat Kandungan Nutrisi SGM

1. Omega 6

Salah satu kandungan atau nutrisi istimewa yang ada di susu dari SGM adalah dengan adanya Omega 6 di dalamnya. Perlu Sobat tahu bila Omega 6 adalah lemak jenuh asam yang tak esensial atau bisa dibilang bila asam yang satu ini tak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri. Dengan demikian maka mengkonsumsi makanan dengan kandungan Omega 6 sangat dianjurkan. Dengan cara ini maka asupan omega 6 yang dibutuhkan oleh si kecil juga tercukupi.

2. Protein

Untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, mereka juga harus membutuhkan asupan protein. Susu terdapat kandungan protein dimana manfaatnya juga sangat besar bagi tubuh. Beberapa manfaat protein diantaranya adalah untuk membentuk antibodi untuk kekebalan tubuh dan juga berperan untuk regenerasi sel kulit. Bahkan manfaat protein lainnya adalah agar dapat menyembuhkan luka dengan lebih cepat. Dengan begitu tidak salah bila kandungan protein di susu merk SGM ini juga ada dalam kandungan yang cukup besar.

3. Kalsium

Banyak harapan orang tua agar si kecil bisa tumbuh dengan tulang dan juga gigi yang kuat. Untuk dapat seperti itu maka asupan kalsium haruslah ada untuk si kecil. Selain dari susu, asupan kalsium juga bisa juga didapatkan dari bahan lain misalnya kedelai, tahu, bayam.

4. Vitamin A


Nah, Vitamin A biasanya didapat dari buah dan sayur kini juga bisa lho didapat dari susu merk SGM. Dengan adanya vitamin A, maka penglihatan si kecil akan sangat baik di saat pertumbuhannya. Sobat harus berusaha juga membiasakan anak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A sehingga dapat menjadi kebiasaan baik.

5. Zinc


Si kecil yang kekurangan zinc resikonya adalah terhambatnya pertumbuhan. Untuk itu asupan zinc untuk si kecil juga tidak boleh sembarang ya. Susu SGM ini sudah mengandung nutrisi kaya akan zinc. Zinc juga mempunyai manfaat untuk dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga baik bagi tumbuh kembang anak.

Lactogen

Lactogen merupakan susu formula yang diproduksi oleh Perusahaan Nestle. Perusahaan ini memang berfokus pada produk makanan nutrisi dan minuman bernutrisi, seperti susu steril, makanan bayi, susu formula, kopi, hingga cokelat ini telah hadir di 191 negara termasuk Indonesia dan mempunyai lebih dari 200 merek salah satunya yaitu Lactogen.

Note: Nestle sendiri merupakan perusahaan multi-internasional yang berpusat di Vevey, Swiss dan didirikan pertama kali pada tahun 1868 oleh Hendry Nestle.

 

Kelebihan Lactogen

Berikut kelebihan Lactogen yang harus Sobat ketahui:

Kaya akan Kalsium

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu Lactogen sangat bermanfaat sekali untuk tumbuh kembang si kecil. Kalsium akan membantu membentuk serta menguatkan tulang dan gigi anak.

Kandungan Nutrisi dan Vitamin Lengkap

Lactogen berisi probiotik dengan serat Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS) yang dapat membantu menjaga fungsi pencernaan anak. Selain itu juga, Lactogen mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, 12 vitamin dan 11 mineral. Kandungan zat besi di dalamnya pun dapat membantu mencegah anemia karena defisiensi zat besi. Semua kandungan ini sangat baik lho untuk tumbuh kembang si kecil.

Menjaga Kesehatan Mental

Lactogen mengandung LA dan ALA yang tinggi. Kandungan ini merupakan sumber asam lemak yang bermanfaat untuk pembentukan DHA untuk menjaga kesehatan mental dan perkembangan otak si kecil.


Kekurangan Lactogen

Berikut ini adalah kekurangan Lactogen yang harus Sobat ketahui :

Harga Mahal

Lactogen mempunyai harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan susu formula merek SGM. Itu dikarenakan kandungan Lactogen lebih banyak daripada susu SGM.

Tidak Tersedia Dalam Ukuran Kecil

Tidak seperti susu merk SGM, Lactogen tidak menyediakan kemasan susu dalam ukuran yang kecil. Tentu saja ini cukup menyulitkan orang tua yang ingin membeli dalam ukuran yang kecil sebagai tester, mengingat harganya yang lebih mahal dari susu SGM.

Sulit Ditemukan

Salah satu yang menjadi kelemahan Lactogen adalah produk susu ini sulit dicari atau ditemukan. Sobat harus meluangkan waktu ke supermarket bila ingin membeli Lactogen.


Manfaat kandungan nutrisi pada Lactogen

1. Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang bekerja di usus untuk menguatkan pencernaan yang berkembang, juga meningkatkan sistem kekalan tubuh terutama pada sistem pencernaan dan daya tahan tubuh bayi. Kandungan Probiotik ini juga berguna untuk membuat sistem pencernaan menjadi asam sehingga kuman-kuman dan bakteri jahat tidak dapat berkembang .

2. LA dan ALA

LA dan ALA yakni asam linoleat dan asam alpha linoleat. Kedua asam ini sangat bermanfaat untuk perkembangan fungsi otak dan mental bayi.  Asam linolenat bisa mempengaruhi pembentukan sel dalam tubuh dan memperkuat sistem kardiovaskuler (jantung) pada tubuh si kecil. Di dalam tubuh bayi, asam linolenat tak dapat diproduksi sendiri lho, maka dari itu dibutuhkan asupan ASI dan Susu Lactogen 1 sebagai pendampingnya.

3. Vitamin dan Mineral

Vitamin serta Mineral pada susu Lactogen bulan ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil, dan juga meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

4. Zat Besi

Zat Besi pada susu formula Lactogen usia bulan ini sangat penting untuk memproduksi hemoglobin (Hb) pada darah yang bertugas untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi pada seluruh tubuh.


Pilih Mana : SGM atau Lactogen?

Nah, Di atas sudah dijelaskan mengenai perbedaan antara SGM dan Lactogen. Untuk lebih jelasnya, admin telah merangkum perbedaan antara SGM dan Lactogen tersebut pada tabel berikut ini :


SGMLactogen
- Harga terjangkau- Harga mahal
- Banyak variasi ukuran- Tidak tersedia dalam ukuran kecil
- Kandungan gula tinggi- Kandungan nutrisi dan vitamin lengkap

Kesimpulan

Dari penjelasan di atasmengenai SGM dan Lactogen yang telah dijelaskan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa kedua produk mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi kami lebih merekomendasikan Lactogen karena kandungan nutrisi dan vitaminnya yang lengkap, sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Namun jika sobat hanya punya budget minim, tak ada salahnya memilih SGM.


 

Dari