-->

Billboard Ads

Hai Sobat JurnalPedia, Tak hanya mp4, Hasil dari download video ada juga yang mempunyai format m3u8. Pernahkah sobat mendapatkan file dengan format m3u8? Nah apakah file ini dapat diubah atau kerennya diconvert ke mp4? Bagaimana cara mudah dan offline untuk convert m3u8 ke mp4?

Sebelumnya admin telah membagikan tentang cara mendownload video dari facebook dan twitter. Secara gampangnya, hasil download video akan masuk ke penyimpanan internal melalui aplikasi UC (Browser atau Mini). Aplikasi UC browser atau UC mini dapat menyimpan video dari kedua sosial media tersebut.


Video yang didownload dari facebook mempunyai format mp4, sebuah format yang tak asing buat sobat. Dapat langsung sobat mainkan dari aplikasi pemutar video maupun dari galeri atau file manager pada android sobat.

Lain halnya video dari twitter (paling bawah), saat sobat mendownload dengan aplikasi UC (Browser atau Mini) akan keluar video dengan format m3u8 pada file manager sobat dan hanya dapat dibuka secara umum lewat aplikasi UC Video atau pemutar UC.

Apakah itu file m3u8? Dan apakah file ini nantinya dapat dimainkan tanpa melalui aplikasi UC saja? Simak penjelasan admin di bawah ini

File m3u8 Sebagai File Video

File m3u8 merupakan salah satu file dari hasil download berbagai video dari aplikasi UC. Berasal dari main file berekstensi m3u yang mempunyai singkatan Moving Picture Experts Group Audio Layer 3 Uniform yang merupakan sebuah format daftar putar multimedia. Nah, Kegunaan utama dari format m3u8 ini adalah sebuah format yang tercipta dari file daftar putar yang mengacu pada stream/ arus data di internet.

Video m3u8 merupakan format file video m3u yang memakai karakter encode UTF-8. Biasanya file ini adalah file umum untuk streaming video yang secara original dikembangkan oleh Apple untuk streaming video dan radio pada device IOS.

Penjelasan gampangnya, saat melakukan streaming video memakai aplikasi UC (Browser atau Mini), aplikasi ini membuat sebuah playlist/daftar putar yang didownload dari server. Playlist ini merupakan link atau tautan yang isinya konten video yang dipisah-pisah dalam banyak bagian file.

Pada folder Penyimpanan Internal – UC Browser – Video, jika sobat lihat di sana akan ada 1 file berekstensi m3u8 hasil download dari Twitter. Di sana juga ada 1 folder yang mempunyai nama sama dengan file video m3u8 yang tadi. Singkatnya file m3u8 pada aplikasi UC (Browser atau Mini) merupakan 1 file yang merujuk pada file dalam folder yang mempunyai nama sama seperti file tersebut.

Kemudian setelah mengetahui seluk beluk file tersebut, bagaimana cara convert m3u8 ke mp4 agar dapat di mainkan di android?

Cara convert m3u8 ke mp4

Hasil download video berformat m3u8 tidak dapat diplay pada pemutar video bawaan android biasanya. Maka dari itu sobat harus convert m3u8 ke mp4. Agar sobat dapat share juga ke temen atau status whatsapp, harus diubah menjadi mp4 file tersebut.

Salah satu cara convert m3u8 ke mp4 adalah dengan memakai aplikasi terpercaya yaitu Media Converter. sobat dapat download di Playstore pada link https://bit.ly/MediaKonverter . Aplikasi ini adalah yang dapat melakukan konversi file m3u8 ke mp4 dan admin merekomendasikan aplikasi ini.

Pastikan sobat tidak otak atik file m3u8 beserta foldernya ya. Dan pastikan juga file sudah didownload dengan lengkap karena ukuran file download m3u8 tidak stabil. Kadang dia dapat mengecil atau membesar sesuai dengan ukuran asli video di server.

  • Pertama, Sobat Instal aplikasi Media Converter
  • Lalu sobat Izinkan untuk mengakses file pada perangkat
  • Buka folder UC Browser –> Video
  • Klik file m3u8 (bukan foldernya) yang ingin sobat convert ke mp4
  • Klik Convert to mp4
  • Tunggu proses sampai selesai
  • Folder default Media Converter adalah Penyimpanan Internal –> Android –> Data –> com.AndroidA.MediaConverter atau bisa saja di Penyimpanan Internal –> MediaConverter

Cukup mudah bukan? Aplikasi Media Conventer tersebut merupakan satu-satunya yang admin temukan support untuk file m3u8 pada android. Nanti kalau admin sudah mendapat rekomendasi aplikasi sejenis akan admin posting pada kesempatan lain.

Saat ingin tahu cara convert m3u8 ke mp4 biasanya akan sobat temukan banyak aplikasi converter yang ada di google, dan instal ke PlayStore. Namun ternyata tidak banyak aplikasi yang benar-benar dapat convert m3u8 ke mp4. Bahkan aplikasi-aplikasi tersebut mendeteksi file m3u8 saja tidak bisa.

Kebanyakan aplikasi yang ditunjukkan google adalah m3u8 loader dimana sobat masih harus memakai koneksi internet untuk mengkonversi file m3u8 ini. Seringkali aplikasi lain itu bermasalah, namun aplikasi media converter ini powerfull stabil dan keuntungannya adalah bekerja secara offline.

Dari