Perbedaan Cupang Marble dan Fancy

Hai Sobat JurnalPedia, Banyak yang bertanya apa itu fancy pada cupang dan bedanya apa dengan marble?


Fancy itu sebutan buat cupang berwarna warni (multiwarna) yang dipopulerkan oleh peternak Thailand yang mengacu kepada warna marbel pada awalnya. Atau dalam istilah peternak kita blangtong, atau belang bentong.

Fancy adalah merek dagang bukan jenis warna. Dalam perkembangannya fancy berkembang sedemikian rupa sehingga warna2 metalik dragon membuat warnanya tambah menyala dan rancak. Untuk membedakan diri dari mainstream beberapa peternak Thailand memberikan nama dagang berbeda seperti alien, koi, dalmatian, armagedon dsb.

Dalam standard IBC fancy masuk dalam kategori/kelas multiwarna atau marble. Penamaan multiwarna diberikan untuk cupang yang memiliki dua warna atau lebih yang tidak dapat dimasukan pada kategori kombinasi yang ada.

Cupang fancy yang seperti ini masuk dalam kategori/kelas multiwarna. Apabila warna kepala fancy memiliki warna daging (flesh color serupa pink/orange/kemerahan khas marbel) maka dimasukan dalam kategori/kelas marble.

Idealnya, fancy memiliki warna yang sangat kontras satu dan lainnya. Dalam kategori ini penilaian warna yang baik apabila jumlah warnanya lebih dari dua, kombinasi warnanya kontras dan terdistribusi merata pada semua sirip dan badan ikan. Artinya jika terdapat tiga warna maka semua bagian dari sirip dan tubuh memiliki tiga warna tersebut dengan komposisi persentase yang sama (proporsional). Jika ada empat warna maka keempat warna tersebut harus ada pada semua sirip dan badan ikan dengan jumlah proporsi yang sama.

Sangat sulit mendapatkan warna fancy yang ideal apalagi jika mempunyai gen marbel akan selalu berubah warna. Maka wajar jika fancy yang bagus akan dihargai mahal.

Posting Komentar

0 Komentar