Jadikan Androidmu Sebagai Steering Wheel Menggunakan Sensor Gyro

Hai Sobat JurnalPedia, Pengen main game balapan pake stir atau Steering Wheel ? pengen beli steering wheel tapi kaget liat harganya ? YA berarti kita sama, berawal dari ngiler liat orang main game balapan pake steering wheel di PC nya jadi kepengen juga punya begituan tapi apalah daya minat beli langsung buyar liat harga Steering Wheel dipasaran gak semurah dari perkiraan.



Dari situ terbesit dipikiran (ya elah bahasanya), kan di Android game balapan biasanya pake sensor accelerometer buat belok kiri dan kanannya, nah disitu saya kepikiran apa bisa ya sebuah Device Android dijadikan semacam pengganti steering wheel buat mainin game balapan di PC ? .

Jadi apa bisa Android di jadikan steering wheel ? jawabannya BISA, berikut aplikasi yang saya rekomendasikan buat kalian yang mau main game balapan di PC dan stirnya menggunakan Android.

Monect PC Remote

Aplikasi yang satu ini buat kalian yang perlu alternatif atau yang kepengen android kalian cuman sebagai gamepad atau steering wheel tanpa harus stream game.

Kalau aplikasi yang sebelumnya tinggal di aktifkan lalu main atau istilahnya plug and play, aplikasi yang satu ini perlu kita mapping dulu sedikit agar bisa dimainkan nantinya.

Seperti mengatur tombol gas, rem, Steering kiri dan kanan (belok), rem tangan dan lainnya tergantung game yang kalian mainkan.

Kalau pengen coba download dulu bahan-bahannya :

Bahan-Bahan :
Aplikasi Androidnya :


Aplikasi Windows :


Langkah Koneksi Monect PC Remote
Oke saya asumsikan kalian sudah download dan install aplikasinya di kedua device (android dan windows), langkah selanjutnya silahkan disimak :
  • Buka aplikasi PC Remote di Windows dan Android.
  • Di app Androidnya Klik tombol “Connect”.
  • Biasanya PC kalian terdeteksi Otomatis, dan klik nama PC nya. Kalau masih belum ada opsi Connect lewat USB, WIFI, atau Bluetooth. Pilih salah satu. Jangan lupa aktifkan juga di PC
  • Kalau berhasil nanti ada notif  “Success”.
  • Pindah Ke Tab “Layout”.
  • Pilih yang “Race”.
  • Siap dimainkan. 

Mapping Game

Setelah selesai mengkoneksikan kedua device, saatnya kita mapping di gamenya contoh disini saya main game Dirt 3 dan mapping untuk game lainnya gak jauh beda kok, pada intinya cuma mengatur tombol gas, rem,belok dan lainnya.

Oke kalau sudah masuk gamenya pergi ke pengaturan control gamenya dan mulai mapping satu-satu, untuk belok kiri dan kanan agar terdeteksi accelerometernya jangan lupa nyalakan opsi “Steering” di app androidnya.

Steering wheel di androidSteering wheel di android
Steering Mode, Monect PC Remote

Dan kalau sudah dinyalakan coba deh miringkan kiri/kanan saat mapping fungsi belok, terbaca gak ? kalau berhasil nanti muncul X-Axis Right (kanan) dan X-Axis Left (Kiri) seperti gambar dibawah.

Sudah beres mapping semua tombol yang dibutuhkan game siap dimainkan 🙂.

Posting Komentar

0 Komentar