Cara Paling Ampuh Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam dan Biasa

Hai sobat Jurnalpedia, sobat mengalami masalah hp di cas tapi tidak mengisi atau hp tidak dapat di charge dalam keadaan hidup dan hp tidak bisa di charge dalam keadaan mati, itu berarti sobat harus membaca cara lengkap mengatasinya disini dengan seksama.



Di Era sekarang ini smartphone sudah menjadi kebutuhan utama umat manusia, dan orang akan melakukan berbagai macam cara agar smartphonenya dapat bertahan hidup dengan waktu yang lama.

Cara Mengatasi HP Tidak Dapat di Cas

Kerusakan pada smartphone memang tidak bisa dihindari, terlebih lagi bila hp berusia bertahun-tahun. Kerusakanpun akan susah untuk di hindari.

Dari banyaknya masalah kerusakan pada smartphone, masalah hp di cas tapi tidak mengisi adalah salah satunya dan justru waktu hp di cas malah berkurang.

Dan disini Mimin akan Membagikan Tutorial cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh atau cara memperbaiki batre hp yang tidak dapat dicas untuk semua merek hp dengan batre yang dapat di copot ataupun batre tanam seperti: Samsung, Oppo, Xiaomi, Asus hingga iPhone dan sebagainya.

Untuk mengatasinya silahkan sobat ikut langkah-langkah tutorialnya di bawah ini dengan baik.

1. Pastikan Sumber Daya Sebelum Hp Di Charge 

Nah sob, Meskipun terdengar sepele, tetapi seringkali sumber daya listrik yang tidak sesuai dengan smartphone dapat menjadi penyebab hp tidak bisa di charger. Oleh karena itu kita perlu untuk memastikan terlebih dahulu sumber daya listrik yang akan digunakan untuk mengisi daya baterai hp android.

Jadi bila kita mengalami hp android di cas lama tapi bisa penuh full 100% atau dapat terisi full namun lama sekali maka terdapat kemungkinan bila sumber daya listrik yang digunakan ternyata lebih rendah daripada angka yang tertera di adapter.

2. Restart Smartphone

Langkah awal yang dapat sobat coba adalah dengan melakukan restart smartphone. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Karena bukan tidak mungkin smartphone sobat tidak bisa di-charge gara-gara RAM sesak.

3. Kalibrasi Baterai

Udah di-restart, tapi ternyata malah baterainya bertambah setelah restart? Berarti baterai meter smartphone sobat error. Untuk mengatasinya, silakan lakukan kalibrasi baterai, dengan mengunduh aplikasi kalibrasi.

Dengan melakukan kalibrasi baterai, maka sobat akan menstimulasi baterai agar kembali ke siklus awalnya. Serta di saat yang bersamaan juga dapat digunakan untuk mereset baterai meter smartphone yang error.

4. Kalibrasi baterai tanpa aplikasi

Trik ini dapat dilakukan untuk mencegah atau bila sudah ada tanda-tanda baterai smartphone mulai soak. Cara melakukan kalibrasi baterai smartphone mudah banget kok, hanya dibutuhkan kesabaran yang penuh. Awal-awal, sobat tinggal isi daya smartphone sampai penuh 100 persen dalam keadaan mati.

Setelah itu, coba nyalakan lagi deh smartphonemu dan charge lagi hingga penuh. Setelah itu gunakan smartphone untuk apa pun sampai keadaan baterai benar-benar habis. bila sudah habis dan mati biarkan dulu 10-15 menit dan sekarang charge smartphone sobat hingga penuh dalam keadaan mati. Jangan dinyalakan dulu sebelum penuh ya!

Kalau trik di atas sudah sobat lakukan maka secara resmi baterai smartphonemu sudah terkalibrasi secara manual.

5. Cek Adapter Charger

bila sobat sering menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone, pasti pernah mengalami kasus baterai tidak bisa di-charge. Untuk mengatasinya, coba gunakan adapter charger smartphone bawaan.

bila ternyata gagal, coba untuk mengganti adapter charger smartphone sobat dengan yang baru atau Ampere yang lebih besar.

6. Ganti Kabel Data dengan yang Baru

bila hp android sobat waktu di cas tidak mau nambah malah menurun, coba cek adapter charger panas apa tidak, bila tidak panas itu berarti kerusakan ada pada kabel data hp sobat.

Hal ini dikarenakan kabel merupakan part yang paling rentan untuk rusak karena kebiasaan kita yang sangat sering untuk menggulung kabel charger hp yang kita miliki.

Dan perlu untuk kita ketahui, khususnya bagi pengguna Apple bahwa Kabel Lightning Apple yang rusak juga menjadi salah satu penyebab utama hp iphone tidak dapat di cas selama ini.

7. Cek Port USB di Smartphone

Tidak dapat terhubung dengan baik antara permukaan metalik di dalam port USB dan charger micro USB dapat mengakibatkan baterai hp android tidak bisa di cas. Hal ini seringkali terjadi karena kita terlalu sering cabut - pasang kabel charger hp android yang kita miliki.

Oleh karena itu untuk memperbaiki port charger hp yang rusak tersebut, lebih baik kita bawa HP kita ke tukang servis hp untuk mengatasinya, atau bisa juga kita mencoba melakukannya sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Lepaskan baterai bila smartphone yang kita miliki buka tipe baterai non-removeble, Setelah itu gunakan sesuatu yang kecil seperti tusuk gigi untuk mengungkit tab kecil di dalam port USB ponsel. 

Lakukan dengan perlahan dan hati-hati, lalu pasang kembali baterai dan coba untuk mengisi daya kembali.

8.  Ganti Baterai Dengan Yang Baru

Perlu untuk kita ketahui bahwa usia normal sebuah baterai hp android berkisar sekitar 2 tahun lamanya. Maka dari itu bila ponsel android yang kita miliki sudah memiliki riwayat hidup lebih dari 2 tahun dan mulai mengalami masalah-masalah seputar baterai hp android pada umumnya, maka sudah saatnya untuk kita mengganti baterai ponsel tersebut dengan yang baru. Tips untuk mengetahui baterai hp tanam yang melembung adalah dengan membuka cover hp android tersebut dan baringkan ponsel lalu putarlah seperti gasing. Dengan permukaan yang tidak rata akan membuat ponsel dapat berputar saat kita memutarnya.

9. Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam

Tidak sedikit para pengguna hp android yang mengalami masalah baterai tidak dapat di cas yang sering kali terjadi setelah ponsel kehabisan daya. Dan perlu untuk sobat ketahui bahwa penyebab hp android baterai tanam yang tiba tiba mati mendadak dan tidak dapat di cas tersebut dikarenakan kondisi baterai yang sudah terlanjur benar - benar kosong.

Salah satu cara menghidupkan hp yang matot tersebut adalah dengan bantuan baterai kodok. Namun bagaimana cara cas baterai tanam dengan cas kodok ? Cara tersebut sering dikenal dengan sebutan kejut baterai hp. Akan tetapi sebelum kita melakukan hal tersebut, perlu untuk kita pastikan kembali bila tidak ada kerusakan pada port charger smartphone android milik kita tersebut.

10. Downgrade OS Smartphone

bila masalah pengisian daya baterai akibat ketidakcocokan kemampuan smartphone dengan OS yang ditawarkan Android dengan smartphone yang kita miliki maka cara ini sangat direkomendasikan untuk diri kita. Namun menurunkan OS Android dapat mempengaruhi performa pada hp android yang kita miliki.

11. Gunakan Dekstop Charger

bila semua cara di atas tidak ada yang berhasil, sudah pasti adapter charger atau port USB smartphone sobat yang rusak? Maka salah satu solusi yang dapat sobat coba adalah dengan membeli desktop charger.

Charger ini akan dapat sobat gunakan sebagai alternatif charger bawaan kalau sobat menggunakan smartphone yang baterainya dapat dilepas.

12. Bawa Smartphone ke Tukang Servis

bila sobat tidak ingin mengisi baterai lewat desktop, maka lebih baik sobat bawa saja hp sobat ke tukang servis, karena permasalahan hp dicas tapi tidak mengisi, biasanya, kalo tidak di kabel data dan adapter charger, berarti masalahnya itu di Port USB yang harus diganti dengan yang baru di tukang servis.

Penutup

Itulah cara mengatasi hp tidak dapat di cas batre tanam ataupun hp di cas tapi tidak mengisi atau malah hp di cas malah berkurang dan bagikan juga Tutorial ini ke teman sobat yang lagi mengalami masalah yang sama.

Posting Komentar

0 Komentar