Cara Menambah VRAM di intel HD Graphics

Hai Sobat JurnalPedia, Video RAM (atau VRAM, diucapkan "VEE-RAM") adalah jenis khusus RAM yang bekerja dengan komputer Sobat yaitu unit pengolahan grafis, atau GPU.

GPU adalah sebuah chip pada kartu grafis komputer sobat yang bertanggung jawab untuk menampilkan gambar pada layar Sobat. Meskipun secara teknis tidak benar, istilah GPU dan kartu grafis sering digunakan secara bergantian.



RAM video Sobat menyimpan informasi yang dibutuhkan GPU, termasuk tekstur game dan efek pencahayaan. Hal ini memungkinkan GPU untuk dengan cepat mengakses info dan video output ke monitor Sobat.

Menggunakan RAM video untuk tugas ini jauh lebih cepat daripada menggunakan RAM sistem Sobat, karena RAM video yang tepat di sebelah GPU dalam kartu grafis. VRAM dibangun untuk tujuan intensitas tinggi ini dan dengan demikian "berdedikasi."

Cara Menambah VRAM menggunakan Registry Editor

Buka Registry Editor dengan mengetikkan regedit ke Start Menu (Win + R, lalu tulis regedit). Ingat bahwa Sobat dapat mengacaukan sistem Sobat di Registry, jadi berhati-hatilah saat di sini.

Kunjungi lokasi berikut ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Intel
Klik kanan pada folder Intel pilih New > Key, Tulis Folder baru bernama GMM. Lalu Klik kanan folder GMM lalu pilih New > DWORD (32-bit) Value. buat file bernama DedicatedSegmentSize. Kemudian Klik kanan pada DedicatedSegmentSize pilih Modify, lalu pilih Decimal. isi 512, 1024, 2048 sesuai Shared RAM kamu.
Reboot.

Note: 
  • Penggunaan VRAM pastinya akan mengurangi RAM, jadi jangan terlalu banyak, toh yang terpakai hanya beberapa saja, misal kamu pengin main game. naikin tuh sampai 2-4 GB, kalau untuk browsing gunakan 512 MB saja.
  • VRAM virtual ini tidak secepat VGA ya, tapi lumayan lah.
  • Jika tidak berhasil downgrade driver VGA kamu ke tahun release 2015-2018 (banyak yang berhasil pakai cara ini, entah kenapa fitur ini di driver terbaru dilock)
  • Ada beberapa driver yang support, ada juga yang membatasi VRAMnya, contohnya seperti gambar dibawah, hanya max 512 Mb, tapi lumayan lah dari 128 Mb ke 512 Mb.

Posting Komentar

0 Komentar