Contoh Surat Undangan Pernikahan Ngunduh Mantu

Usai menggelar pesta pernikahan bukannya lega malah justru gugup dan gelisah karena masih ada sisa acara ngunduh mantu? Meski digelar dengan jarak yang terhitung lumayan lama terhitung dari resepsi pernikahan kamu dan pasangan, acara ngunduh mantu adalah salah satu prosesi pernikahan yang menyenangkan karena keunikannya, lho.

Ngunduh mantu adalah istilah yang berasal dari bahasa Jawa, ngunduh artinya panen atau memanen sedangkan mantu artinya adalah menantu. Singkat cerita, acara ngunduh mantu dilakukan ketika orangtua menikahkan anak laki-lakinya, kemudian si istri dibawa untuk tinggal bersama suami dan kedua orangtua serta keluarganya, maka secara tidak langsung keluarga tersebut akan mendapatkan personel tambahan.

Tradisi ngunduh mantu ini ada dalam budaya Jawa, karena dalam tradisi Jawa sebuah pesta pernikahan biasanya dilakukan oleh keluarga wanita. Artinya pihak keluarga wanita lah yang punya hajat, sedangkan keluarga pria hanya mengikuti. Kemudian, atas dasar ingin dihargai secara status sosial, pihak keluarga pria pun ingin menyelenggarakan pesta pernikahan. Hal ini untuk menunjukkan bahwa mereka pun mampu menggelar hajat. Oleh karena itulah berkembang istilah yang disebut ngunduh mantu. Sebuah pesta pernikahan yang diselenggarakan oleh pihak keluarga pengantin pria.

Pelaksanaan ngunduh mantu

Nah, sebenarnya acara ngunduh mantu ini pasti terkesan boros karena mengadakan pesta perkawinan sebanyak dua kali. Kamu pasti berpikir hal yang sama, bukan? Jadi, sebenarnya, menurut budaya Jawa, pesta pernikahan yang sesungguhnya biasanya dilakukan oleh keluarga dari pihak perempuan atau dengan kata lain pihak keluarga perempuan lah yang punya hajat.


Kemudian, barulah diikuti oleh acara ngunduh mantu ini, yang mana merupakan hajat dari keluarga pihak pria. Eits jangan salah paham dulu, acara ngunduh mantu bukan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan, kok. Hanya saja, memang beberapa orangtua dari keluarga pihak pria masih melakukan tradisi dari budaya Jawa yang satu ini, lho. Keren ya?

Contoh Surat Undangan Pernikahan Ngunduh Mantu

Undangan pernikahan unik dengan gambar kartun pengantin Jawa sangat beserta background bunga-bunga warna merah maron bisa jadi pilihan yang tepat bagi anda yang menyelenggarakan pesta resepsi pernikahan ataupun ngunduh mantu. Gambar pengantin jawa bukan hanya terletak dicover depan saja, tetapi juga ada disisi belakang undangan.




Posting Komentar

0 Komentar