-->

Billboard Ads

Bunga adam hawa, nanas kerang, daun sesongkokan, atau bangka bangkaan adalah tanaman hias daun, daun tanaman adam hawa berbentuk lancip mulus dengan dua warna yaitu berwarna hija pada bagian atasnya dan merah maroon hingga ungu pada bagaian bawahya. Karena hal tersebutlah maka bunga ini diberi nama adam hawa. Bunga ini tumbuh dalam satu rumpun dengan jumlah daun perumpun mencapai 10-15 helai pada usia dewasa. Bunga ini sangat gampang dikembangbiakkan dan sangat adaptif terhadap semua jenis lahan tanam baik di pot, polybag, maupun pekarangan rumah. Bunga adam hawa juga dapat tumbuh dengan baik dalam ruangan yang hanya sedikit terkena sinar matahari langsung.


Apabila sobat ingin menanam bunga yang unik dan berbeda dengan yang lain, tanaman adam hawa ungu dapat sobat jadikan referensi. Tanaman ini di luar negri lebih dikenal dengan sebutan purple heart. Apabila tanaman lain mempunyai daun yang berwarna hijau, maka tidak berlsaya untuk tanaman ini. Sesuai dengan namanya, daun dari tanaman ini bukanlah bewarna hijau, melainkan ungu.

Klasifikasi Adam Hawa
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Commelinales
Famili: Commelinaceae
Genus: Rhoeo
Spesies: Rhoeo discolor

Mengenal tanaman hias adam hawa ungu

Tanaman yang mempunyai nama latin tradescantia pallida ini pada biasanya tumbuh dan berkembang biak dengan cara menjalar di atas permukaan tanah. Batang dari tanaman hias ini mengandung banyak air. Dengan bentuk ujung daun yang agak tajam. Panjang daun dari tanaman adan hawa ungu dapat tumbuh hingga hingga 7 atau bahkan 12 cm. Sedangkan untuk tingginya, tanaman ini dapat tumbuh hinga mencapai sekitar 30 – 45 cm.

Bagian bawah pada daun tanaman ini ada sedikit bayang-bayang bewarna merah muda. Bunga purple heart ini termasuk ke dalam famili commelinaceae, yang biasanya dikenal sebagai tanaman jenis spider lily. Asal dari tananam hias ini adalah dari meksiko. Walaupun ada juga yang tumbuh di kawasan florida, amerika selatan.

Tidak hanya mempunyai daun yang unik, tanaman ini juga mempunyai bunga yang menarik perhatian. Warna bunga dari tanaman ini adalah pink keunguan. Biasanya bunga tersebut akan mekar di pagi hari, dan muncul diantara sela-sela daun nya.

Selain meletakkan di teras atau di dalam ruangan, sebagai alternatif sobat dapat menjadikan tanaman adam hawa ungu sebagai bunga gantung yang menarik. Karena pertumbuhannya yang cepat, pastikan sobat merawat dan memotong tangkai dari bunga ini yang sudah terkemudian panjang supaya tidak terkemudian menjuntai kebawah.

Cara menanam dan merawat bunga adam hawa

Pembibitan bunga adam hawa

Pembibitan bunga adam hawa dapa dilakukan melalui stek umbi rimpang, bibit yang diambil yaitu bibit yang minimal telah masuk usia tanam satu tahun. Pilih bibit dari rimpang yang sehat dengan jumlah daun yang banyak dan panjang. Cara stek umbi rimpang bunga adam hawa yaitu dengan cara gali dan potong bagian akarnya kemudian rendam dalam air beberapa ketika sebelum di tanam dalam lubang tanam.

Persiapan dan penanaman bunga adam hawa

Pertama, buat media tanam dari campuran tanah gembur dan kompos/pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Kemudian, sediakan pot/polybag tanam, sebaiknya sesuaikan dengan letak penempatannya. Biasanya pot/polybag tanam yang digunakan yaitu pot/polybag tanam berdiameter 5-30 cm dengan jumlah tanaman antara 1-6 tanaman. Pastikan pot atau polybag mempunyai sistem drainase yang baik sehingga tanaman tidak membusuk karena genangan air.

Apabila semua sudah siap, segera lakukan penanaman, tanam bibit bunga adam hawa tersebut di lubang pada media tanam kemudian tutup kembali dengan media tanam disekitarnya dan padatkan kemudian basahi tanah supaya sedikit lembab.

Perawatan bunga adam hawa

Lakukan penyiraman hingga 1 minggu sesudah tanam. Lakukan pula pemupukan apabila tanaman sudah muncul tunas baru dengan urea atau pupuk organik sebanyak 200 gr. Lakukan pengulangan pemupukan selagi sebulan sekali hingga tanaman bunga berumur 3 bulan, berikutnya berikan apabila perlu saja. Jangan lupa lakukan penyiraman apabila kondisi tanah kering dan cuaca panas. Letakkan sesekali tanaman ke tempat yang terkena sinar matahari supaya tanaman tumbuh subur.

Cara memperbanyak tanaman adam hawa ungu

Karena tanaman ini mempunyai warna dan bentuk daun yang sangat menarik, sobat dapat mencoba untuk memperbanyak bunga adam hawa ungu ini di rumah. Untuk memperbanyak tanaman ini, tidak lah terkemudian susah. sobat cukup memperhatikan hal berikut ini apabila tertarik unuk menanamya.

1. Stek batang

Selain memperbanyak tanaman ini dengan cara memisahkan tunas dari induknya, sobat juga dapat memakai teknik stek batang untuk menanam bunga adam hawa ungu.

2. Letakkan diluar rumah

Selagi proses pengembangbiakkan, sobat dapat meletakkan tanaman ini di luar rumah supaya terkena paparan sinar matahari. Apabila sobat memilih untuk meletakkannya di dalam rumah (indoor), sobat dapat menempatkannya di dekat jendela supaya tetap terkena paparan sinar matahari.

3. Media tanam

Bunga ini paling pas memakai tanah sebagai media tanam dengan ph 5,6 hingga 7,5. sobat dapat mencampur tanah gembur mengunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Untuk perbandingannya kurang lebih 1:1.

Gunakan pot atau polybag dengan diameter 5 – 30 cm selagi proses pengembangbiakan. Pastikan pot atau polybag yang sobat gunakan mempunyai drainase yang bagus. Usahakan jumlah bibit yang sobat tanam sekitar 1 – 6 di dalam satu tempat. Jumlah ini sesuaikan dengan ukurat pot yang sobat pilih.

4. Perhatikan suhu

Supaya bunga adam hawa ungu sobat tumbuh dengan baik, usahakan untuk meletakkannya ditempat dengan suhu berkisar antara 20 – 23 derajat celcius. Pertumbuhan nya akan optimal dengan penyinaran yang sedang serta mempunyai kelembapan yang cukup.

Dari