Perbedaan Mobil Daihatsu Xenia Mi, Xi dan Li

Mobil xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang paling banyak ditemui di jalan raya. Meskipun banyak mobil baru mulai perlahan mencoba mengalahkan dominasi dari avanza dan xenia. Kita dapat lihat kini sudah banyak mobil jenis low mpv ini yang seliweran dijalan seperti ertiga sport 2019, xpander dan mobilio.


Selain itu toyota juga sudah meluncurkan avanza veloz 2019 dan juga toyota raize yang sudah mempunyai beberapa fitur terbaru seperti immobilizer keys dan star stop button. Bahkan mobil pabrikan dari prancis yait renault juga turut andil dalam persaingan mobil lcgc dan low mpv ini dengan meluncurkan renault triber di indonesia. Mobil yang serupa dengan toyota avanza ini mempunyai 3 tipe yang berbeda. Apa saja itu perbedaan xenia xi dan li,:

  • Tipe mi merupakan tipe terendah atau standar. Tipe ini memakai mesin 1000cc dengan 3 silinder, tidak memakai power steering. Sehingga akan membuat tangan sobat makin berisi alias berotot ketika memutarnya, karena dibutuhkan tenaga, tetapi pada tahun 2005, daihatsu sudah menambahkan power steering pada tipe ini.
  • Tipe li mempunyai variasi dan fitur lebih lengkap. Sudah memakai power stering
  • Tipe xi, sama dengan tipe li, perbedaanya adalah tipe ini memakai mesin 1300c. Tipe ini juga mempunyai dua model transmis yaitu manual dan matic.

Nah supaya lebih lengkap lagi sekarang aku jabarin satu persatu tipe atau paket daihatsu xenia generasi pertama ini yaitu plus, deluxe, family dan sporty. Berikut kelengkapan pada masing-masing varian pada daihatsu xenia:

Daihatsu xenia mi plus merupakan tipe terendah, untuk kelengkapannya adalah velg kaleng dope, single din yang hanya dapat memutar radio, sudah mempunyai sentral lock.

Daihatsu xenia li/xi deluxe sudah dilengkapi dengan power steering, radio cd player, power windows dan ditambah dengan sensor parking.

Daihatsu xenia li/xi plus dilengkapi dengan velg racing ukuran 13 inci untuk li dan 14 inci untuk xi, grill berlapis krom serta alarm remote.

Daihatsu xenia li/xi family mempunyai kelengkapan sama dengan tipe plus ditambah dengan spoiler dan tanduk depan serta pegangan pintu yang sudah di krom dan mempunyai side molding.

Daihatsu xenia li/xi sporty mempunyai kelengkapan yang sama dengan family ditambah dengan tanduk belakang serta roof rail yang membuat tampilannya makin sporty.

Daihatsu xenia li/xi a/t dilengkapi dengan pengatur spion elektrik, grill berwarna krom.

Baca juga di sini untuk melihat perbedaan all new daihatsu xenia d m x r. Dan juga perbedaan tipe great daihatsu xenia yang baru saja diluncurkan.

Semua tipe xenia ini hanya mempunyai single blower. Sangat berbeda dengan toyota avanza yang sudah dilengkapi dengan double blower kecuali avanza tipe e.

Meskipun xenia juga dapat dipasang double blower, tetapi sebaiknya jangan memasang pada xenia yang memakai mesin 1000cc karena akan mengakibatkan beratnya kinerja mesin.

Harga xenia lebih murah daripada avanza, karena itulah banyak masyarakat yang masih memilih xenia sebagai mobil keluarga. Tetapi sekarang sudah hadir all new xenia yang mempunyai fitur lebih baik lagi dari sebelumnya dan lebih irit. Lihat saja di sini untuk konsumsi bbm avanza.

Untuk harganya xenia ini dapat ditebus dengan harga 60-110 jutaan tergantung tipe dan kondisi kendaraannya masing-masing. Harganya memang makin menurun, karena kini makin banyak mobil baru dengan harga yang cukup murah dan salah satunya adalah mobil asal pabrikan cina yang mempunyai fitur yang tergolong lengkap dikelasnya yaitu wuling confero. Untuk pemakaian konsumsi bahan bakarnya xenia ini dapat mencatat 10-15 km per liter tergantung kondisi jalan dan bebannya.

Berikut beberapa kelemahan umum xenia:

  1. Kinerja mesin dengan 1.000 cc dengan kode ej-ve sering mengalami "Ndut-ndutan". Hal ini terjadi pada ketika pergantian gigi rendah 1 dan 2.
  2. Kinerja kaki-kaki atau suspensi kurang maksimal ketika melewati jalan berlubang atau polisi tidur. Istilah lainnya "Ajrut-ajrutan". Hal ini tentu membuat kenyamanannya makin berkurang serta menimbulkan gejala limbung atau body roll di kecepatan tinggi.
  3. Kesenyapan kabin masih kurang, hal ini dapat dirasakan dengan mendengar suara mesin 3 silinder yang masih masuk ke dalam kabin. Apalagi ketika dipacu dengan kecepatan tinggi.
  4. Stering rack sering bermasalah terutama pada bagian electronic power steering (eps). Gejalanya umumnya roda kemudi terasa "Oblak".
  5. Sistem pendingin masih pakai single motorfan sehingga membuat kinerja mesin atau motorfan menjadi berat dan juga berpengaruh pada tarikan mesin yang juga menjadi berat. Baca juga penyakit xenia li 1000 cc
  6. Switch lampu daihatsu xenia rentan rusak menurut para penggunanya sehingga harus sering diganti.
  7. Putaran stasionernya atau idle mesinnya acapkali tidak stabil terutama versi 1.000 cc terutama pada ketika ac dalam kondisi mati. Tetapi hal ini akan normal apabila ac dalam keadaan nyala. Penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada iacv ataupun isc ( idle air controler valve atau idle speed controler) yang mengontrol kapasitas udara yang masuk ke bagian intake diketika throttle bodi dalam keadaan tertutup.


Tips membeli xenia bekas

Sebagai tambahan info, di sini akan di jelaskan mengenai cara membeli mobil xenia bekas, selain pastinya fisik, interior dan kelengkapan surat-surat diperhatikan terlebih dahulu:

  1. Bagian kaki-kaki jadi salah satu yang diperhatikan karena xenia umumnya jadi mobil dengan jam terbang yang tinggi, dan cek juga bagian power steering serta kondisi ban.
  2. Lakukan juga tes drive, dan rasakan bantingan suspensinya apakah masih nyaman atau keras terutama ketika melewati jalan berlubang. Pada ketika tes drive, sobat juga dapat merasakan apakah perpindahan giginya lancar atau tidak.
  3. Periksa bagian mesin, cek adakah kebocoran oli mesin, oli transmisi, air radiator, minyak rem dan bagian air wiper. Periksa dengan melihat ke bagian bawah kolong juga.
  4. Sebaiknya pilihlah mobil dengan servis rutin di bengkel resmi, hal ini dapat ditanyakan pada pemiliknya dengan menunjukkan buku servis rutin.
  5. Untuk bagian dalamnya, perhatikan juga bagian pada dashboard, panel pintu, jok dan plafon apakah terawat dengan baik atau tidak. Apabila bersih, hal ini tentu akan menjadi nilai tambahan bagi sobat.
  6. Cek bagian ac, periksa apakah sistemnya masih bekerja dengan sempurna, hal ini dapat sobat coba dengan menyalakannya dan merasakan dingin atau tidak.
  7. Carilah xenia bekas dengan tahun yang lebih muda, karena kondisi tentu lebih baik dari tahun sebelumnya. Perhatikan juga odometer dan riwayat mobil dengan pemilik lamanya.

Nah selain itu ada alternatif lainnya juga dengan bujet 100 hingga 110 jutaan, sahabat juga dapat menebus mobil baru dengan kapasitas tujuh penumpang seperti calya sigra yang juga penjualannya makin meningkat di indonesia.

Konsumsi bbm xenia versi user

Blogger 1 : xenia li (1.000cc) manual 2009 dengan konsumsi bbm 10 km per liter untuk dalam kota, sedangkan untuk perjalanan luar kota dapat mencatat 17 km per liter.

Blogger 2: xenia xi 2010 1300 cc, manual untuk perjalanan mudik denngan memakai pertamax + premium dapat mencatat 15,2 km per liter.

Blogger 3 : xenia xi kapasitas 1000 cc mendapatkan 19 km/liter ketika di tes jalan tol dengan kecepatan konstan.

Blogger 4: konsumsi bbm paling boros 1:9 dan paling irit nyaris 1:15. Xenia deluxe 2011 kondisi ac sekemudian ons.

Blogger 5: xenia li vvti 1.0 th 2007 lumayan irit 1:15, kalau bawanya santai dan lembut dapat mencapai 1:20 km per liter

Blogger 6: great xenia 1.0 pemakaian dalam kota 1:8-9 padahal rpm sekemudian aku jaga di 2000-3000, mentok kalau mau geber paling 4000. Rata2 di 3000 rpm.

Blogger 7: xenia li vvti thn 2010 rute cikampek ke lombok dapat mencatat 16-17 km/ liter dengan metode full to full.

Blogger 8: xenia xi 1.3 manual 2004 untuk rute dalam kota 1:10 luar, kalau kota 1:14. Bahan bakar premium

Blogger 9 : pakai xenia li 2005, dalam kota jakarta cukup macet dapat mencatat 1:8-9. Luar kota dapat 1:14-16 km per liter

Blogger 10 : pakai xenia xi 2008 mt, dalam kota jakarta cukup macet dapat mencatat 1:9. Luar kota dapat 1:13 km per liter pakai premium

Blogger 11 : xenia 1.3 vvti 2009 mt. Dalkot 1:9-10. Lurkot 1:13 km perl iter

Blogger 12: aku pernah pakai xenia li 2005 s.D 2008 bensin dalam kota 1:9,5/1:10 luar kota 1:13

Blogger 13 :2008 pakai xenia xi vvti, dalam kota 1:10/1:10,5 luar kota 1:14

Blogger 14: daihatsu xenia xi a/t 2009, 1.300 cc konsumsi bbm dalam kota : 1 liter untuk 8.5 liter

Blogger 15: daihatsu xenia xi a/t 2009, xenia matik hanya meminum bensin sebanyak 5,3 liter. Berarti 1 liter bensin dapat untuk jarak 10,4 km. Sementara catatan versi manualnya, xenia sanggup menempuh jarak 11 km untuk 1 liter bensin.

Forum 1 : xenia 1.0 non vvti (matic) untuk dalam kota 89-9 km per liter sedangkan luar kota dapat 10-11 km per liter

Forum 2: xenia mi 1000 cc mt perjalanan luar kota ketika mudik, dengan konsumsi bahan bakar 16km per liter

Tabloid otomotif: untuk pemakaian dalam kota xenia li 1.000 cc tercatat 12 km/liter, sementara pemakaian luar kota didapat angka 15 km/liter.

Posting Komentar

0 Komentar