Cara Mengembalikan Open With di Windows 10 Klik Kanan di Context Menu

Hai sobat Jurnalpedia, Anda pengguna Windows 10? Sebagai contoh, misal di Windows ada file yang tidak dikenali secara default maka nantinya akan muncul jendela "Open With" yang akan menyarankan dan memberikan daftar program yang kira-kira bisa membukanya. Terkadang dengan software Notepad pun isi filenya berhasil dibaca dan masalah pun selesai. Tapi dapat juga terjadi selain file tersebut tidak dapat dilihat isinya dan terlanjur disetting sebagai default aplikasi pembukanya. Kasus lain yang mirip adalah memang bisa dibuka tapi sekarang anda ingin menggunakan program lain, masa setiap kali harus mengakses menu klik kanan dan pilih Open With? 



Jumlah bugs Windows 10 dapat dibilang bayak sekali, walau tentu ada update kedepannya, orang mungkin berpikir bahwa fitur Windows 10 hanyalah fitur Microsoft coba untuk mengetes aplikasi mereka. Bug aneh yang banyak dialami pengguna khususnya saya adalah pengaturan di Windows 10 yang kehilangan 'Open with' dari menu konteks dan klik kanan ketika pengguna klik kanan file. Pilihan ini sangat penting karena memungkinkan pengguna untuk memilih sebuah aplikasi untuk membuka file dengan lebih mudah. Untuk file tak dikenal, atau file yang default program yang tidak terkait dengan, pilihan ini adalah cara tercepat dan kadang-kadang hanya untuk mengatur default program. Bila pengaturan ini hilang pada sistem Anda untuk melakukan dengan masalah dalam Windows registry. Hal ini cukup mudah untuk memperbaiki bahkan bila solusinya tidak cukup jelas. Berikut adalah apa yang perlu Anda lakukan.

Buka Windows registry dengan mengetik 'regedit' dalam search bar atau dalam dialog Jalankan. Memungkinkan untuk membuat perubahan pada sistem Anda. Arahkan ke lokasi berikut. Tanda bintang adalah kunci registri sebenarnya dan bukan sesuatu yang harus diganti dengan nilai Key tertentu pengguna.

HKEY_CLASSES_ROOT*shellexContextMenuHandlers

Buat Key baru dengan cara klik File > New > Key dan ganti dengan "Open With". Ini akan mengubah isi dari Key dan sobat dapat menuju langkah selanjutnya.

Lanjut, dalam Key ini Apakah itu baru diciptakan atau sudah ada, harus ada 'Default' nilai string. Edit nilai string sehingga itu sebagai berikut.

{09799AFB-AD67-11d1-ABCD-00C04FC30936}

Klik 'Oke' dan Anda sudah selesai. Ini seharusnya sudah mengembalikan pengaturan "Open with" Klik kanan menu konteks. Bila Anda tidak melihatnya langsung, silahkan restart komputer / laptop anda.

Bila untuk beberapa alasan pilihan tidak kembali ke menu konteks klik kanan, Anda mungkin melihat masalah yang melampaui Windows registry. Bila itu terjadi, bertahanlah sampai masalah tersebut di perbaiki di Anniversary Update dimana Microsoft telah berjanji untuk menyelesaikan lebih banyak bug.

Posting Komentar

0 Komentar