Cara Mengatasi a Disk Read Error Occurred

 Hai Sobat JurnalPedia, Alasan admin menulis artikel ini adalah karna hal tersebut baru saja terjadi di laptop saya, dengan bertuliskan disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart saat pertama kali restart komputer hingga kompute menjadi error dan alhamdullilah laptop admin berfungsi dengan normal lagi sekarang. dengan salah satu artikel yang admin baca dengan mencarinya di google. padahal awalnya laptop admin aman aman saja setelah admin menghidupkan musik terjadi lag dan tiba-tiba layar menjadi berwarna biru dengan pesan error yang biasa kita sebut Blue Screen Of Death, namun setelah admin restart laptop/pc admin maka yang langsung timbul ialah tulisan tersebut. dan pada kesempatan ini admin ingin mengshare cara mengatasinya di blog sederhana admin ini.


Terjadinya masalah disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart ini baru saja admin alami pertama kalinya, ya sedikit panik karna tidak dapat membuka mode safe mode yang biasa admin lakukan bila terjadi masalah pada laptop saya. bila ini terjadi pada sobat jangan panik dulu dan langsung membawanya ke tempat service ataupun menginstal ulang komputer anda, sebaiknya cari tau dulu masalah yang terjadi apakah masih dapat kita atasi dengan sendirinya ataupun tidak.

Terjadinya error komputer yang bertuliskan disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart ini biasa terjadi karna komputer atau laptop sobat mengalami crash sehingga menjadi kegagalan proses yang di lakukan oleh komputer, biasanya selalu di tandai dengan blue screen of death, artikel sebelumnya juga menjelaskan Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen Of Death pada Windows atau komputer.

Kemungkinan kedua masalah ini terjadi karna sobat sering mematikan komputer tanpa prosedur yang baik dan benar, dengan cara hanya mencabut langsung kabel yang tersambung atau dengan proses force shutdown yang dapat berakibat fatal karna menimbulkan bad sector.pada  harrdisk.

Untuk cara memperbaiki dan solusinya ada beberapa cara yang dapat sobat lakukan bila cara pertama belum bisa berhasil. berikut cara-caranya:

1.Periksa pada bagian Hardware

Cara yang pertama ini sobat dapat mencoba dengan melepas semua kabel yang tersambung pada motherboard lalu bersihkan semua bagian-bagian yang ada pada komputer dengan memberihkan semua kotoran atau demu-demu yang menempel.

Setelah itu coba sobat periksa kabel hardisk pada komputer ataupun kabel data yang tersambung pada motherboard, karna mungkin saja  kabel tersebut kendor atau mengalami kerusakan, cobalah cabut dan pasang kembali, atau bila perlu ganti kabel dengan yang baru untuk menyambung antara motherboard ke hardisk.

2.Reset BIOS ke default

 Cara mereset bios ialah dengan cara mencabut kabel power lalu buka casing lalu carilah tembat di mana batrai CMOS ysng ada pada motherboard, setelah itu angkat batrai CMOSnya.

Setelah sobat mencabut baterainya lalu sobat tekan tombol power beberapa detik kira 10 sampai 15 detik dengan keadaan kabel yang masih tersambung agar aliran listrik atau arus pada kapasitor tidak tidak tersisa, dan setelah cobalah pasang kembali baterai CMOS pada tempatnya seperti semula, lalu nyalakanlah komputer untuk masuk ke menu BIOS, kemudian sobat akan di arahkan mengatur ulang pengaturannya, seperti waktu, tanggal, dan lain sebagainya pada menu BIOS.

Setelah baterai tercabut, sobat tekan tombol power kira-kira selama 10-15 detik dalam keadaan kabel power yang masih belum tersambugn. tujuannya adalah agar listrik atau arus pada kapasitor tidak tersisa, setelah itu pasang kembali baterai CMOS pada tempatnya sepeti semula. setelah itu nyalakan komputer untuk masuk ke menu BIOS, kemudian akan di arahkan mengatur ulang pengaturan, seperti waktu, tanggal, dan lainnya pada menu BIOS.

3.Cek pada bagian Softwarenya

Cara ini yang admin lakukan untuk memperbaiki masalah  A disk read error occurred dan admin beruntung dengan cara ini laptop admin kembali normal. dengan cara? Mengrestart Ulang atau Mengupdate Bios, ya caranya cukup sederhana dan cepat untuk mengatasi a disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to Restart

Cara membuka:
  1. Hidupkan Komputer atau Laptop sobat
  2. Lalu tekan tombol Del atau F2 / F10/F11/F11 setiap merek motherboard berbeda.
  3. Setelah masuk ke menu BIOS dan cari setingan atau pengaturan untuk menyetel BIOS ke setelan default.
  4. Selesai.

bila cara ini berhasil selamat sobat mungkin telah beruntung karna cara ini termaksud yang paling mudah dan cepat, bila masalah  a disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restartd masih juga belum teratasi, lanjut ke cara yang terakhi pada artikel ini dengan cara mengrepair windows/

4.Repair windows installation.

Cara ini dengan cara mengbooting komputer sobat seperti sobat menginstal komputer, dan cara ini sobat wajib mempunyai instalasi windows untuk BOOTING menuju ke menuju ke menu DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup Windows, tapi jangan untuk memilih menginstal ulang cukup hanya memilih dan cari Repair Windows installation, cara ini akan mengganti seluruh file sistem Windows dengan yang baru sehingga akan membuatnya normal kembali.

Nah seperti itulah berbagaii cara untuk memperbaiki a disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to Restart
semoga artikel ini dapat membantu anda.

Posting Komentar

0 Komentar