Mengatasi Lupa Pola Sony Xperia Z1 Compact Docomo tanpa Hard Reset

Hai Sobat JurnalPedia, Masih seputar mengatasi lupa pola di hp Android, kali ini admin mendapatkan Sony Xperia Z1 Compact dalam kondisi terkunci PIN. Dalam hal ini biasanya admin melakukan hard reset melalui recovery mode namun pada varian software terbaru Xperia Z1 Compact sudah tidak bisa lagi mengakses recovery mode. waduh pusing....



Sebelumnya admin sudah melakukan banyak cara untuk mengatasi lupa pola Sony Xperia Z1 Compact, mulai dari cara hard reset hingga berbagai tutorial di Youtube juga sudah admin jalankan, namun hasilnya masih ZONK karena kebanyakan sudah postingan lama, padahal saat ini Xperia sudah melakukan update software dan tool sehingga jauh berbeda dengan metode lama.

Solusi Lupa Pola Sony Xperia Z1 Compact

Dalam mengatasi Sony Xperia Z1 Compact lupa pola admin sudah menggunakan berbagai cara yang ada di Google, sebagaimana yang admin katakan diawal tadi hasilnya ZONK. Nah inilah diantara cara yang sudah admin praktekkan dan tidak berhasil.
  1. Hard Reset dengan cara masuk Emergency Call kemudian mengetik *#*#73556673#*#*, gagal...
  2. Hard Reset lewat recovery mode Sony Xperia Z1 dengan cara mematikan hp kemudian menekan tombol power + kedua tombol volume sampai muncul logo itu juga tidak berhasil.
  3. Reset data dengan menggunakan cara menekan tombol merah di bawah simcard juga tidak berhasil
Hampir setiap blog yang admin kunjungi rata-rata membahas dengan ketiga cara di atas namun admin menemukan hal baru di Youtube untuk mengatasi lupa PIN Sony Xperia Z1 Compact ini dengan bantuan Sony Companion, sayangnya sekarang Sony Companion sudah tidak bisa digunakan, artinya tutorial ini sudah tidak up to date alias termakan zaman. 

Sampai di sini akhirnya admin mencari di forum Xperia dan akhirnya admin menemukan solusi terbaik untuk mengatasi Sony Xperia Z1 Compact yang terkunci pola ini. Untuk melakukan ini terdapat dua cara yang bisa digunakan, yakni menggunakan Xperia Companion dan Sony Flash Tool. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Ikuti panduan berikut ini.

Unlock PIN Sony Xperia Z1 dengan Xperia Companion

Sebelumnya sobat harus menginstall Sony Xperia Companion terlebih dahulu supaya berjalan lancar.
  • Pertama, buka Xperia Companion yang sudah sobat instal kemudian pilihlah menu Software Repair
  • Lalu, pilih Xperia phone or Tablet
  • Kemudian, pastikan baterai sobat di atas 80% kemudian pilih Next
  • Selanjutnya, pilih Yes dan tekan Next untuk melanjutkan
  • Lalu, Xperia Z1 dalam posisi off lalu tekan tombol volume down (-) baru sambungkan ke PC, jangan lepas tombol volume hingga terdeteksi oleh PC
  • Nah, Apabila sudah siap tekan Next untuk melanjutkan
  • Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai, dalam proses ini bergantung dengan konektifitas internet sobat, apabila koneksi cepat maka akan berjalan dengan cepat begitu juga sebaliknya, saran sih pakai jaringan 4G ya sob.
  • Selesai proses download posisi Sony Xperia Z1 sudah tidak terkunci lagi dengan pola dan PIN
  • Selamat berhasil
Dengan melakukan cara di atas seharusnya sobat telah berhasil membuka pola Sony Xperia Z1, tetapi admin yakin tidak semua yang menggunakan cara di atas berhasil karena setiap problem hp berbeda cara mengatasinya. Baiklah apabila sudah menggunakan Xperia Companion namun belum berhasil tidak ada salahnya mencoba menggunakan metode flash tool.

Mengatasi Lupa PIN Xperia Z1 Compact dengan Sony Flashtool

Nah, Untuk menggunakan cara ini pastikan sobat sudah menginstal Flashtool Xperia dan juga menyiapkan file Unlock Xperia. Apabila keduanya sudah siap silahkan ikuti panduan berikut ini.
  • Pindahkan File Unlock Xperia ke sini
  • Buka Xperia Flash Tool versi paling lama
  • Pilih menu seperti gambar ini lalu pilih Flash
  • Setelah itu sambungkan Xperia Z1 Compact ke PC dengan menekan tombol volume down (-)
  • Tunggu proses Flashing sampai selesai
  • Setelah selesai silahkan nyalakan hp 
Demikianlah cara mengatasi lupa pola Sony Xperia Z1 Compact Docomo, jika sobat mengalami kesulitan silahkan bertanya melalui kolom komentar. Secepat mungkin akan admin balas. Sekian dari admin selamat mencoba dan semoga berhasil. 

Posting Komentar

0 Komentar