-->

Billboard Ads

Hai sobat JurnalPedia, Bagi kalian yang memiliki SSD pasti tidak asing lagi dengan yang namanya TBW (Terra Byte Write). Jika SSD sudah mencapai batas TBW (Terra Byte Write) apa yang terjadi? Apakah data kita di SSD akan hilang? mari kita simak penjelasannya.



Bagaimana jika SSD mencapai TBW?

Apabila SSD telah mencapai batas TBW (Terra Byte Write) yang artinya SSD itu sudah tidak dapat ditulis lagi atau diisi file. Namun jangan berkecil hati, SSD itu masih dapat dibaca kok. Jadi, sobat tak perlu khawatir dengan data yang ada dalam SSD anda yang telah mencapai batas TBW. Karena SSD hanya kehilangan kemampuan menulisnya saja. Sedangkan untuk kemampuan membaca data tetap ada dan tidak ada batasnya.

Terlebih lagi sangat jarang sekali kasus SSD yang mencapai batas TBW. Kecuali, penggunaan yang tidak wajar, misal render video besar setiap hari, senang download file besar dll. SSD 120GB biasanya mempunyai batas TBW 40-50TB. SD 240GB memiliki batas TBW 90-100TB. Dan jika dihitung, sobat akan mencapai batas tbw apabila sobat setiap hari mencopy file 10-20GB ke selama 10 tahun secara terus menerus

Apakah benar SSD lebih awet daripada HDD?

Benar sekali, sebab di dalam SSD tak ada sesuatu yang bergerak. Berbeda dengan harddisk, sobat jatuhkan hardisk ke lantai, dijamin pasti rusak seketika. Jatuhkan SSD ke lantai dari ketinggian yang sama, sama sekali tidak masalah. Masih dapat beroperasi dengan semestinya.

Nah untuk kasus khusus, untuk orang yang menulis/write data ke SSD sampai ratusan GB per hari, umur SSDnya akan jadi singkat sementara harddisk tidak demikian. Penyebabnya NAND flash di dalam SSD punya batas berapa kali dia bisa ditulisi sebelum data hasil tulisannya tidak sama dengan yang seharusnya. Orang yang seperti ini umumnya bekerja di video production, dengan kamera video resolusi tinggi (4K, 8K, atau slow-motion), yang satu file video bisa puluhan GB per menitnya, mereka masih menggunakan HDD.

FYI: Batas TBW bukan acuan lho untuk menetukan umur produk SSD. Ada kasus unit SSD rusak bahkan belum mencapai batas maksimal TBW. Ada juga SSD yang masih bisa beroperasi normal meski sudah melebihi batas TBW.

Dari