-->

Billboard Ads

Siklus Plan-Do-Study-Act (PDSA) merupakan alat yang berguna untuk mendokumentasikan uji perubahan. Menjalankan siklus PDSA adalah cara lain untuk mengatakan menguji perubahan - sobat mengembangkan rencana untuk menguji perubahan (Rencana), melakukan tes (Do), mengamati, menganalisis, dan belajar dari tes (Studi), dan menentukan modifikasi apa, apabila ada, untuk membuat siklus berikutnya (Act).



KAPAN PDSA DIGUNAKAN?

Ketika merencanakan perbaikan atau perubahan apa pun dalam proses kerja, penting untuk mengetahui apa yang ingin sobat capai, bagaimana sobat akan mengukur peningkatan dan secara eksplisit tentang ide yang akan diuji. sobat mungkin tidak mendapatkan hasil yang sobat harapkan sehingga lebih aman dan lebih efektif untuk menguji peningkatan dalam skala kecil sebelum menerapkannya secara menyeluruh.

Metode Plan-Do-Study-Act (PDSA) merupakan cara untuk menguji perubahan yang diterapkan dalam rangka memastikan berjalannya peningkatan mutu yang berkesinambungan. Empat langkah dalam PDSA berfungsi untuk memandu proses berpikir dalam memecah tugas menjadi beberapa langkah teknis dan kemudian mengevaluasi hasilnya, meningkatkannya, dan mengujinya kembali. Dokumen PDSA digunakan pula sebagai bukti tindak lanjut dan perbaikan yang dipersyaratkan juga dalam akreditasi maupun re-akreditasi rumah sakit dan fasilitas kesehatan primer (puskesmas, klinik, dan lain sebagainya).

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Contoh PDSA Indikator Mutu Rumah Sakit yang dapat kalian download di bawah ini:

PDSA KETEPATAN IDENTIFIKASI PASIEN

PDSA KEPATUHAN JAM VISITE DOKTER

PDSA KEPATUHAN UPAYA PENCEGAHAN RISIKO CEDERA AKIBAT PASIEN JATUH PADA PASIEN RAWAT INAP

PDSA KEPATUHAN TERHADAP CLINICAL PATHWAY

Catatan: 

PDSA di atas hanyalah contoh saja, kalian dapat mengubah sesuai data yang kalian miliki.

By