-->

Billboard Ads

Hai sobat, Banyak dari kita yang laptopnya pernah kemasukkan semut. Apalagi ada rumah yang sering didatangi semut-semut kecil. Di dalam laptop yang bersih tentu saja tidak ada gula maupun sumber makanan lain. Tetapi di dalam laptop semut dapat saja membuat sarang dan menggerogoti part di dalamnya. Lama kelamaan dapat muncul kerusakan.



Cara semut masuk ke laptop

Ada banyak bagian dan celah yang dapat dimasuki semut. Umumnya semut dapat masuk melalui ventilasi udara, sela-sela keyboard, dan engsel layar. Jadi jangan heran kalau tiba-tiba semut muncul dari keyboard maupun bertahan di dalam layar laptop.

Langkah mengeluarkan semut dari laptop

Salah satu cara tergampang mengeluarkan semut dari laptop tanpa butuh membongkar adalah dengan memakai kapur pembasmi serangga. Iya betul, memakai kapur yang biasa digunakan untuk mengusir serangga. Tetapi butuh dilakukan trik khusus untuk digunakan sebagai pengusir semut di laptop.

Bagaimana cara memakai kapur serangga untuk mengusir semut dari laptop? Gampang sekali. Bahan yang kamu butuhkan hanya sebatang kapur serangga dan selembar kertas. Gampang dijumpai di toko maupun minimarket.

1. Cek dari mana semut masuk

Hal pertama yang butuh kamu lakukan adalah mengecek di mana semut masuk ke laptop kamu. Yang aku alami adalah semut sering keluar masuk dari ventilasi bawah laptop. Jadi kemungkinan besar semut masuk melalui ventilasi bawah.

2. Goreskan kapur pada selembar kertas

Goreskan kapur serangga ke selembar kertas ataupun meja kerja. Aku ingatkan gunakan sarung tangan karena kapur serangga adalah racun. Goreskan dengan merata tetapi jangan terlalu banyak. Tipis-tipis saja.

3. Taruh laptop di atas goresan kapur

Taruh laptop kamu (dalam keadaan mati) di atas goresan kapur tadi. Hal ini agar zat dari kapur serangga dapat menyebar di dalam laptop kamu. Ketika tercium oleh semut, mereka akan keluar dari laptop kamu.

Cukup lakukan langkah ini selagi 10 – 15 menit. Agar semut-semut keluar. Kalau terlalu lama dapat jadi ada semut yang mati di dalam laptop, malah makin susah mengeluarkannya.

Apabila mau diulangi silakan, yang penting diberi jeda waktu dan jangan lama-lama menaruh laptop di atas goresan kapur. Hasilnya, semut-semut akan keluar dan mati di atas goresan kapur tersebut.

4. Bersihkan laptop dan cuci tangan!

Setelah semut-semut keluar, bersihkan laptop dengan tisu atau kain agar tidak ada lagi bekas kapur serangga yang menempel. Jangan lupa untuk mencuci tangan karena kapur serangga sejatinya adalah racun dan juga berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh manusia.

Mencegah laptop masuk ke laptop

Setelah semut sukses dikeluarkan dari laptop. Langkah yang butuh kamu lakukan adalah agar laptop tidak lagi dimasuki semut. Ketahui caranya karena sangat gampang untuk diterapkan :

1. Jangan makan atau minum di atas laptop

Sisa makanan ataupun pemanis dalam minuman yang menempel di laptop aromanya dapat mengundang semut untuk datang.

2. Gunakan kapur serangga di kaki meja

Goreskan kapur serangga di kaki-kaki meja. Dapat di mejanya secara langsung atau lantai yang bersentuhan dengan kaki meja. Agar semut tidak dapat merangkak naik ke meja dan masuk ke dalam laptop.

3. Jangan tempel meja ke tembok, beri jarak!

Tidak hanya cicak-cicak yang ada di dinding. Semut juga dapat berpetualang di dinding ruangan kamu. Untuk menjegah semut berpindah ke meja, beri jarak sedikit antara meja dengan dinding.

4. Jangan makan atau minum di atas laptop

Karena adanya potensi sisa makanan atau minuman yang dikonsumsi menempel pada laptop. Apabila aroma itu menarik bagi semut, tentu hewan kecil itu akan datang.

Kesimpulan

Semut dapat saja masuk ke laptop kamu melalui celah-celah yang ada. Apabila jumlahnya banyak, apalagi membuat sarang, dapat membahayakan laptop kamu. Karena dapat jadi ada part yang digerogoti oleh semut dan menyebabkan kerusakan.

Salah satu cara gampang untuk menghilangkannya adalah dengan memakai kapur serangga. Diberi sedikit saja semut-semut sudah akan keluar. Dan cara ini juga dapat diterapkan untuk mengecek apakah di dalam laptop kamu ada semut atau tidak. Dengan menerapkan cara ini, kamu dapat berhemat biaya dibanding membawa laptop ke teknisi laptop.

Tetapi apabila dirasa semut di dalam laptop sudah banyak dan ada komponen yang rusak, silakan dibawa ke teknisi laptop. Agar dibongkar, dibersihkan dan dicari mana part yang mengalami kerusakan.

Itulah pembahasan mengenai cara mengeluarkan semut dari laptop dan mencegahnya kembali. Menurut aku cara membersihkan semut dari laptop di atas dapat diikuti oleh semua orang.

Dari