MNCPlay VS IndiHome. Mana Yang Lebih Bagus?

Speedy atau yang sekarang berganti nama menjadi indihome adalah layanan internet kabel pertama kali yang admin gunakan. Speedy masih memakai kabel tembaga belum memakai fiber optik. Untuk urusan kecepatan dapat di katakan sangat minim karena memang layanan yang tersedia juga sangat minim tidak seperti indihome.


Layanan internet kabel waktu itu memang tidak banyak pilihan seperti sekarang atau dapat dikatakan indihome mendominasi untuk urusan ini. Namun kini berbagai layanan internet kabel sudah banyak sebut saja mncplay media, myrepublik, first media, biznet, dan lainnya.

Pilihan untuk memakai layanan internet kabel sebetulnya sangat tergantung dari lokasi tempat tinggal. Tidak semua daerah dapat di backup layanan internet kabel. Hal ini disebabkan karena jaringan penuh atau dapat juga karena belum tersedia jaringan di daerah tersebut.

Dikarenakan jaringan indihome di tempat tinggal admin penuh, satu-satunya pilihan yang tersedia waktu itu dan sampai kini adalah memakai mncplay. Jadi admin memutuskan untuk pindah dari speedy ke mncplay. Sesudah lebih dari 4 tahun memakai mncplay - di karena buruknya layanan perbaikan - admin memutuskan pindah dari mncplay ke indihome. Dari sini ada beberapa pengalaman yang akan admin share untuk pertimbangan pembaca blog ini dalam menentukan pilihan provider layanan internet kabel mana yang cocok.

Mncplay media.

Jenis paket yang admin gunakan adalah 10 mbps dengan tv kabel. Harga normal apabila tidak salah adalah 400rb an lebih. Dengan promo waktu itu adalah 200rban lebih dengan channel sport selagi 3 bulan pemakaian. Sesudah satu tahun masa promo habis admin ganti dari paket internet dan tv kabel menjadi paket internet saja hingga kini dengan harga rp. 285.000/bulan.

Hampir semua layanan internet kabel optik memakai perbandingan antara upload dan download yang berbeda. Umumnya untuk upload relatif lebih kecil kecepatannya daripada download. Namun untuk mncplay media perbandingannya relatif lebih bagus. Artinya kecepatan upload juga lebih baik. Dalam hal ini mncplay media lebih bagus daripada indihome.

Apabila sobat ingin mencoba menjadi youtuber sebaiknya memilih mncplay media karena urusan upload video lebih cepat daripada indihome. Perbandingan kecepatan upload untuk 10 mbps mencapai 5-8 mbps sedangkan indihome maksimal hanya 1 mbps saja.

Gangguan pada penggunaan sebetulnya hal yang sangat wajar terjadi. Beberapa permasalahan yang pernah admin alami adalah kabel putus. Namun untuk layanan perbaikan mncplay media relatif buruk. Pengalaman ini juga di alami tetangga rumah admin yang kebetulan juga memakai mncplay di mana layanan perbaikan ini sampai harus nunggu 1 minggu untuk di perbaiki.

Karena pekerjaan admin berhubungan dengan online / marketing online lebih tepatnya adalah jasa pembayaran online hal ini jelas sangat mengganggu. Apabila sobat adalah pebisnis yang memakai media website atau marketing online sebaiknya memang di sarankan memakai provider lain.

Indihome

Jenis paket indihome yang admin pilih sama seperti mncplay media yaitu kecepatan 10 mbps atau paket internet dan telepon gratis ke sesama. Harga yang admin pilih ini tanpa promo yaitu sebesar rp. 285.000 + ppn 10% atau sekitar rp. 313.000 / bulan.

Harga di atas adalah harga belum promo apabila promo dapat mendapatkan harga yang lebih murah berkisar antara rp.215.000 + ppn 10% perbulan.

Untuk urusan upload indihome kalah jauh dengan mncplay media. Sebagai perbandingan adalah video dengan ukuran 718 mb ketika di upload ke youtube dengan mncplay media butuh waktu sekitar 45 menit sedangkan memakai indihome butuh waktu 1.5 jam. Untuk youtuber sangat tidak cocok kecuali dengan opsi menambah kecepatan dan tentunya harga akan lebih mahal.

Indihome seperti diketahui adalah perusahaan milik negara (bumn). Sehingga dalam urusan website yang mengandung konten dewasa lebih ketat. Beberapa website di mana admin umumnya membayarkan untuk layanan premium member atau top up akun tidak dapat di akses sedangkan memakai mncplay media masih dapat diakses.

Layanan perbaikan dari indihome relatif lebih baik bila dibandingkan dengan mncplay media. Layanan ini juga mencakup layanan pengaduan di sosial media seperti di twitter, facebook sehingga tidak perlu memakai layanan aduan telepon jadi lebih irit pulsa.

Salah satu penyebab utama mengapa layanan gangguan mncplay media buruk adalah jumlah sdm yang di miliki oleh mncplay media lebih sedikit dan untuk kerusakan tertentu sepertinya banyak yang tidak paham atau harus mendatangkan alat sehingga proses lama.

Sebagai contoh adalah gangguan yang admin alami sehingga admin berganti ke layanan indihome adalah seluruh jaringan di tempat tinggal admin mati artinya di sini adalah ada 7 pengguna lainnya yang mengalami hal yang sama dan proses perbaikannya lebih dari 2 hari tidak selesai. Dari pengalaman tetangga yang juga mengalami hal yang sama / proses perbaikan lama sehingga admin memutuskan pindah dari mncplay ke indihome.

Indihome sering muncul tagihan baru di mana tagihan ini tidak dikonfirmasi terlebih dahulu ke pelanggana salah satunya adalah paket tambahan lemon gold. Tidak hanya sebatas itu untuk upgrade kecepatan juga tidak dikonfirmasikan telebih dahulu sesudah dinaikkan sepihak oleh indihome baru di beritahu ke pelanggan. Berbagai keluhan ini sudah sering dialami dan sepertinya tidak ada tangganpan dari pihak indihome.

Kesimpulan

Sesudah mencoba 1 bulan berlangganan indihome, admin memutuskan untuk memakai mncplay media karena pertimbangan kecepatan upload video ke youtube lebih unggul daripada indihome. Pertimbangan lainnya adalah beberapa situs tidak dapat di akses padahal situs tersebut tempat admin biasa melakukan pembayaran dari customer.

Posting Komentar

0 Komentar