Mengapa BTS Terlihat Biasa tapi Sangat dipuja?

Well, tulisan ini adalah beberapa opini saya setelah mengamati kenapa BTS begitu fenomenal. Karena suka tidak suka, faktanya BTS adalah group terpopular saat ini, berpengaruh, memiliki karya yang luar biasa dan diakui di dunia. Dan jawaban panjang saya ini adalah hasil riset sana-sini, so I hope you can respect it.


Jika objeknya adalah apa yang TERLIHAT biasa tapi terkesan beda, maka saya akan menulis tentang 4 hal: Visual, Personal life appearance, Socmed, dan Performance (Aksi panggung). Karena menurut saya ke-4 hal ini bisa dilihat dan dinilai langsung.

Alasan kenapa BTS terlihat biasa tapi begitu disukai dan dicintai karena:

1. Karena Visual BTS relatif sama dengan idol Korea pada umumnya. 

Ditambah lagi, semua personil BTS murni berasal Korea, lahir dan besar disana dan tidak ada darah campuran. Saya sendiri mempercayai mereka bertujuh tidak melakukan operasi plastik untuk merubah visual mereka setelah melihat foto transformasi mereka sejak kecil. Contohnya bisa dilihat dari foto ini, Jungkook memiliki scar di pipi kirinya. Manusiawi, bukan? Mereka juga manusia biasa yang pernah mengalami masa puber, pernah punya jerawat, dan sebagainya. Intinya BTS juga manusia biasa pada umumnya. Yang membuat visual BTS beda: karena mereka bicara tentang inner beauty yang mereka suarakan di lagu-lagu mereka dan konsep album mereka. BTS lebih memilih untuk menampilkan visual mereka sebagai performer diatas panggung. Ini bisa dilihat dari aksi panggung dan penampilan mereka dibanyak acara, yang didokumentasi dengan baik oleh agensi dan penggermarnya.

2. Karena Personal life BTS terlihat biasa, wajar dan tidak pernah tampil mencolok secara individu.

Kehidupan personil BTS dan kebanyakan idol korea lainnya memang terkenal lebih membatasi diri mereka sendiri dalam hal personal life exposure, termasuk keluarga, pendidikan, dan inner circle mereka. Hanya ada beberapa anggota keluarga BTS yang tereskpos. Hal ini membuat orang penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang kehidupan pribadi mereka. Dan setelah saya ubek-ubek internet memang hanya keluarga salah satu member saja pernah tereskpos secara full, sedang yang lainnya hanya sebagian saja. Maaf tidak saya ekspos juga disini, jika tertarik silakan cari tahu sendiri :)

Hal ini juga yang memicu paparazi seperti Dispatch dan fans fanatik untuk menguntit mereka. Hasilnya?

Yang membuat personal life BTS beda: komitmen untuk tampil secara utuh sebagai group. Ada bebarapa artikel lawas tentang BTS yang menceritakan kejadian penggemar men-skip V (Kim Taehyung) saat fanmeeting diawal-awal karir mereka. Pastinya ini menjadi pukulan keras bagi mental siapapun jika ada di posisi V.

Sejak kejadian ini, mereka mengutarakan kepada penggemar untuk bisa mencintai mereka bertujuh dan tidak membenci satu atau sebagian. Komitmen ini juga yang membesarkan mereka sebagai sebuah group. Personal life appearance mereka ya bertujuh! Memang ada beberapa aktivitas individu, tapi hanya beberapa saja. Mungkin simplenya, kemana-mana ya bertujuh, kecuali tugas beli Banana Milk. *peace ^_^V

3. Karena aktivitas penggunaan social media BTS sama seperti selebrity lain.

Sudah jadi rahasia umum kalau menjadi idola di Korea harus mau menjalani kehidupan dengan serangkaian aturan ketat seperti diet ketat, jadwal latihan yang padat, dan pembatasan penggunaan media sosial dan aturan kekat lainnya. Beruntungnya, agensi BIGHIT Ent memperbolehkan mereka menggunakan media sosial. Dalam hal ini, agensi lain juga melakukan hal yang sama, hanya biasanya agensi memperbolehkan idol menggunakan social media setelah beberapa tahun debut. Karena biasanya media sosial ini jadi momok yang menakutkan bagi agensi dan paling memungkinkan sebagai pintu masuk terjadinya scandal dan cyberbully yang bisa menimpa artisnya.

Yang membuat socmed BTS beda: Nah ini bedanya, BTS hanya menggunakan medsos hanya untuk kepentingan promosi dan interaksi dengan penggemar, bukan aktifivitas pribadi. Dan uniknya BTS hanya menggunakan satu akun saja! Mereka menyadari ini adalah "hal istimewa" yang mereka dapat dari awal dan mereka harus bisa menggunakan itu sebagai Special Weapon untuk karir musik mereka. Para penggemar juga menyukai hal ini karena ini seperti interaksi dengan layanan SATU PINTU. Hanya dengan satu kali mention 방탄소년단 (@BTS_twt) | Twitter, maka semua member BTS bisa melihatnya. Menarik, bukan?

Terkait penyelesaian konflik yang menimpa BTS baik itu group maupun individu, agensi BTS BIGHIT Ent punya peran besar besar dan signifikan disini. Mungkin BIGHIT belajar dari kasus yang pernah mereka alami pada artis naungan mereka sebelumnya. Banyak yang menyebut BIGHIT adalah agensi kecil dan tidak terkenal, tapi menurut saya sebutan ini kurang tepat. Faktanya BIGHIT adalah agensi yang diprakasai oleh JYP Ent sebagai penanam saham di awal berdiri. Pendirinya BIGHIT Ent, Bang Sihyuk adalah salah satu produser di JYP Ent.

Mereka juga menginisiasi batasan dan aturan dalam menggunakan socmed yang harus dipatuhi oleh setiap member. Ada 3 aturan yang mereka buat:

  1. Tidak boleh pamer barang mewah
  2. Tidak main socmed dalam keadaan mabuk
  3. Tidak memposting foto atau video member lain jika member tersebut keberatan.

Keren, kan? Untuk hal satu ini saya pribadi salut, karena mereka tetap bertanggung jawab meski diberi kebebasan. Bayangkan kalau mau posting poto jelek kudu ijin dulu sama orangnya, ih sopan beneerrr.

4. Performance. Aksi Panggung!

Yup! BTS itu sama kok seperti penyanyi lain: mereka menyanyi, melakukan koreografi, perform di panggung-panggung dan acara bergengsi, dan melakukan konser pertunjukkan mereka sendiri layaknya seniman lainnya.

Tapi yang membuat aksi panggung BTS berbeda: silakan cari, lihat dan nilai sendiri. Banyak banget di Youtube.

Dan uniknya, BTS mendokumentasikan aktivitas mereka dibelakang panggung dan memperlihatkannya ke public. Ini konten yang baru saya temukan di jajaran artis Korea karena tergolong hal yang tabu. Karena biasanya agensi benar-benar menjaga image artisnya dengan tidak sembarangan mempublishnya ke public.

Posting Komentar

0 Komentar