-->

Billboard Ads

Hai Sobat JurnalPedia, Ikan Peacock bass (Pbass) merupakan ikan terbesar di antara keluarga ikan cichlidae (cichlid/siklid) dan mereka makan dengan metode yang unik. Mereka menyergap mangsanya sebelum menggunakan mekanisme “suction feeding.” Mereka biasanya menyerang dengan keras, kemudian melompat dengan penuh semangat, menjadikan mereka spesies yang menarik untuk ditonton di akuarium Sobat (tapi tentu saja tak asyik bila mereka memakan ikan lain di akuarium Anda).


Pbass adalah ikan pemakan yang rakus. Mereka berusaha memakan apa saja, dari yang berukuran kecil sampai yang seukuran dengan diri mereka sendiri. Ikan ini bukan pemakan yang pilih-pilih, tetapi mereka lebih suka makanan hidup seperti ikan, serangga, dan bahkan tikus!

Di alam liar, pbass makan dengan cepat dan lahap pada siang hari. Mereka menggunakan kecepatan untuk menangkap mangsanya. Mereka lebih suka memakan sebagian besar ikan dan mereka sebenarnya berandil besar mengurangi banyak spesies eksotik di alam liar, seperti tilapia berbintik.

Makanan yang direkomendasikan untuk Pbass

Seperti yang disebutkan di atas, peacock bass lebih menyukai makanan hidup. Mereka kadang-kadang akan memakan pelet, tetapi makanan hidup seperti ikan komet, udang, cacing, atau bahkan ikan serta tikus juga dapat disantapnya. Saat merawat dan memberi makan pbass, perhatikan setiap ikan secara cermat untuk mengetahui kebiasaan makan masing-masing individu yang unik.

Peacock bass sangat menyukai makanan hidup karena inilah yang mereka makan di lingkungan alami mereka. Akan tetapi makanan hidup juga dapat menyebabkan kontaminasi akuarium dan/atau penyakit; penting untuk selalu mengingat hal ini.

Apabila akuarium Sobat mulai mengalami banyak penumpukan sampah atau detritus, Sobat mungkin perlu beralih ke makanan ikan komersial dengan pemberian makanan hidup sesekali saja. Makanan hidup umumnya juga lebih mahal dan tak semua penghobi ikan hias menyukainya.

Apabila Sobat mempunyai banyak ruangan di akuarium untuk menampung pbass, mereka adalah ikan yang fantastis untuk dipelihara. Mereka membutuhkan akuarium yang sangat besar dengan banyak ruang untuk berenang dan bersembunyi dan mereka tidak boleh dipelihara dengan spesies ikan lain.

Apabila Sobat dapat mengakomodir persyaratan ini, maka peacock bass akan memberikan kesenangan dan hiburan kepada Sobat selama beberapa tahun dan mereka bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Ringkasan Pakan Ikan Pbass:

Ukuran Baby:
  • Cacing
  • Udang
  • Ikan cere
Ukuran medium:
  • Udang potong kecil
  • Jangkrik (Hilangkan Kakinya)
Ukuran Besar:
  • Ikan Komet
  • Katak/Kodok
  • Udang
  • Jangkrik (Hilangkan Kakinya)

Dari