Jenis Ikan Peacock Bass ( Pbass ) Beserta Gambar

Peacock bass atau pbass ( Cichla ) adalah ikan predator yang banyak diminati oleh penghobi ikan predator. Walaupun ikan pbass ini sangat agresif tetapi ikan ini sering sekali dijadikan peliharaan di aquarium.

Ikan pbass berasal dari sungai-sungai di benua amerika. Ikan pbass ini masuk ke dalam keluagra cichilds. Ikan pbass ini di daerah asalnya sering sekali menjadi target pemancing karena memiliki perlawanan yang cukup sengit dengan pemancing.



Selain tampangnya yang sangar ikan pbass memiliki warna dan corak yang menjadi daya tarik tersendiri di ikan ini. Gigi ikan pbass sangat tajam namun jangan khawatir gigi ikan pbass ini berada di bagian tenggorokannya tidak seperti ikan piranha yang berada di mulut.

Ikan pbass adalah salah satu ikan predator yang cocok dipelihara oleh pemula. Ikan ini mudah ditemukan oleh penjual ikan hias. Mengapa cocok untuk pemula ? ikan ini tak terlalu rewel dengan kualitas air di indonesia. Ikan ini juga aman dan tidak akan menggigit tangan manusia. Ketika tangan kita masuk ke aquarium ikan pbass akan kabur dan takut.

Hindari pemeliharaan ikan pbass yang berbeda ukuran sangat jauh. Ikan pbass akan memangsa ika n apapun yang ukurannya muat di mulutnya. Ingat bahwa mulut ikan pbass ini dapat terbuka lebar loh.

Ada beberapa jenis ikan pbass, Harga ikan pbass berbeda beda tergantung apakah ikan pbass nya sudah mudah dibudidayakan di Indonesia atau belum ? Bila masih jarang ppembudidaya nya di jenis ikan pbass tertentu maka jenis ikan pbass itu mungkin saja masih tinggi harganya dikarenakan masih jarang pembudidayanya.

Jenis Ikan Peacock Bass ( Pbass ) Beserta Gambar

1. Peacock Bass Monoculus

Ikan Pbass Mono
Ikan pbass monoculus ini adalah salah satu ikan pbass yang paling populer di luar negri bahkan di Indonesia. Ikan pbass mono ini memiliki marking atau motif garis kebawah dari punggungnya.

Ikan pbass mono ini sangat cocok untuk pemula atau yang ingin mencoba memelihara ikan pbass karena ikan ini mudah didapat dan juga harganya murah. Harga ikan pbass mono ini sekitar 20 rb rupiah ukuran baby (anakan) nya. Harganya terbilang murah karena ikan pbass jenis ini sudah banyak yang ternak di Indonesia. Di samping harganya yang murah ikan ini sangat keren menurut saya.

2. Peacock Bass Orinoco

Peacock Bass Orinoco
Ikan pbass orinoco ini juga sangatlah indah. Warna ikan pbass orinoco lebih kehijaauan dan ikan pbass orinoco memiliki motif titik hitam seperti tompel di tubuhnya, mirip corak pada ikan louhan.

3. Peacock Bass Kelberi 

Pbass kelberi ini memiliki ciri ciri berwarna kuning dan terdapat motif titik titik kecil ditubuhnya, Jenis ikan kelberi termahal yaitu pbass kelberi golden bahia. Harga ikan kelberi biasa dengan kelberi golden bahia tentu saja berbeda.

4. Peacock Bass Azul

Peacock Bass Azul
Pbass azul memliki tampang yang leibh kalem di banding pbass jenis lainnya. pbass azuk memiliki ciri ciri motif garis ditubuhnya dan sirip berwana kebiruan.

5. Peacock Bass Xingu

Peacock Bass Xingu
Pbass jenis xingu ini motifnya lebih pudar dibanding pbass jenis lainnya. 

6. Peacock Bass Temensis

Ikan pbass temensis ini adalah jenis ikan pbass yang dapat tumbuh hingga ukuran 1 meter ( sumber: fishbase ) dengan maksimal besar atau size ikan seperti itu kalian harus punya aquarium yang besar bila ingin memlihara ikan pbass temensis.

7. Peacock Bass Pinima

Peacock Bass Pinima
Pbass pinima memiliki ciri ciri marking yang random atau acak dan sirip berwarna kebiruan. Panjang maksimal pbass pinima sampai ukuran 56 cm.

8. Peacock Bass Intermedia

Peacock Bass Intermedia
Jenis pbass intermedia  ini memiliki motif yang menyambung seperti garis. Panjang ikan pbass jenis ini maksimal ukurannya 55 cm.

Makanan Ikan Pbass

Makanan ikan pbass agar cepat besar adalah ikan-ikan kecil, bisa menggunakan ikan lele kecil atau ikan mas kecil. Sedangkan untuk menebalkan warna ikan pbass bisa mencoba dengan memberikan udang segar. alternatif lain bisa menggunakan jangkrik agar lebih hemat.

Harga Ikan Pbass

Harga ikan pbass berbeda beda tergantung jenis dan ukurannya. Ikan pbass termurah ialah pbass mono dan yang termahal mungkin pbass temensis. Ikan pbass juga mahal bila ikan tersebut hasil dari import dan memiliki marking yang bagus dan tebal.

Posting Komentar

0 Komentar