daryl farahi

Alasan Kenapa Petani tidak boleh Menggunakan Pestisida Berlebihan?

Pestisida merupakan salah satu zat kimia yang cukup bermanfaat bagi manusia. Pestisida sendiri berguna untuk membasmi, mencegah, serta mengontrol hama-hama pengganggu bagi manusia. Baik itu hama dalam konteks hewan maupun tumbuhan. Berikut akan kakak jawab pertanyaan yang adik ajukan beserta pertanyaan terkait lainnya mengenai pestisida.


Sebutkan 3 dampak negatif dari penggunaan pestisida yang berlebihan!, Jelaskan 3 alasan kenapa petani tidak diperbolehkan menggunakan pestisida berlebihan!, Apa dampak negatif penggunaan pestisda?

Berbagai dampak negatif penggunaan pestisida secara berlebihan beserta penjelasannya, antara lain :

1. Penggunaan Pestisida secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ekosistem alam. 

Penggunaan pestisida yang secara berlebihan, secara langsung akan menyebabkan berbagai kerusakan ekosistem alam. Matinya berbagai hewan  seperti hewan pengurai, konsumen premier, dsb dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem alam. Contoh sederhananya seperti terjadinya ledakan pertumbuhan hewan tertentu.


2. Penggunaan Pestisida secara berlebihan dapat menghasilkan residu yang berbahaya.

Pestisida setidaknya dari 12 jenis zat kimia yang terkandung di dalamnya, terdapat 9 jenis yang cukup berbahaya. Penggunaan pestisida secara berlebihan akan menyebabkan pestisida tidak dapat terurai dengan sempurna. Alhasil residu pestisida dapat menyebabkan berbagai hal, contohnya seperti apabila mengkonsumsi makanan yang terdapat residu pestisida tentu dapat menyebabkan keracunan. Pestisida yang tidak dapat terurai dengan sempurna dan larut ke dalam air, dapat menjadikan hama enceng gondok tumbuh subur yang tentu akan berbahaya bagi ekosistem air. Serta residu pestisida yang sangat banyak dapat menjadikan tanah menjadi kering dan tidak subur.


3. Penggunaan Pestisida secara berlebihan dapat mensuburkan hama yang resisten terhadap penggunaan pestisida.

Penggunaan pestisida secara terus menerus akan menjadikan hama-hama terseleksi. Hama-hama yang lemah akan mati, dan hama-hama yang kuat akan hidup. Hama-hama yang kuat ini tidak akan bereproduksi dengan hama yang lemah, sebab hama yang lemah sudah mati. Sehingga akan memunculkan bibit-bibit hama yang baru dimana keturunan hama ini mewarisi gen yang resisten terhadap pestisida dan akan terus hidup sehingga akan menghasilkan populasi yang banyak.


4. Penggunaan Pestisida secara berlebihan memerlukan biaya yang mahal.  

Sudah bukan rahasia lagi apabila harga pestisida cukup mahal setiap cc nya. Penggunaan pestisida yang tidak efisien tentu sangat memerlukan biaya yang banyak. Selain itu, akibat terciptanya hama-hama baru yang resisten terhadap pestisida, menjadikan petani diwajibkan membeli pestisida yang lebih ganas/lebih berkualitas daripada pestisida sebelumnya, dimana hal ini tentu menjadikan pengeluaran biaya lebih banyak lagi.


5. Penggunaan Pestisida secara berlebihan dapat membasmi predator alami.

Penggunaan pestisida secara berlebihan sangat rawan akan ikut membasmi predator alami ataupun hewan-hewan yang justru menguntungkan petani seperti lebah dan kupu-kupu. Penggunaan yang salah sasaran ini akan menyebabkan pertumbuhan hama semakin subur diakibatkan berkurangnya predator alami yang memangsa hama.


Sebutkan dampak positif dari penggunaan pestisida!


Berbagai dampak positif serta keuntungan dari penggunaan pestisida, antara lain :


  1. Penggunaan pestisida sangat efisien dan efektif dalam menghilangkan hama pengganggu.
  2. Penggunaan pestisida sangat menunjang hasil produksi pertanian/perkebunan baik dari segi kualitas dan kuantitas.
  3. Populasi hama menjadi sangat mudah untuk dicegah, dikontrol, dan dibasmi populasinya.
  4. Membantu menghindarkan petani dari kerugian akibat hama-hama pengganggu.
  5. Sangat mudah, simpel, dapat digunakan kapan saja, serta dapat digunakan secara masal.
daryl farahi
Load comments