4 Jenis EF Yang Umum Digunakan : Kandungan Nutrisi, Fungsi & Manfaat EF Bagi Burung Berkicau

Bagi anda kicaumania tentunya sudah tidak asing lagi dengan sebutan EF,bagi burung berkicau EF atau Ekstra Food merupakan makanan tambahan guna memenuhi nutrisi burung agar tetap sehat dan bernyanyi dengan merdu. Namun sebelum Anda memberikan EF pada burung kesayangan, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu jenis-jenis EF dan manfaatnya agar pemberian EF dapat tepat sasaran, karena pemberian EF yang tidak tepat tentunya dapat mempengaruhi kesehatan terutama masalah birahi burung itu sendiri, sehingga dapat mengganggu performa burung dalam berkicau.

Umumnya ada 4 EF yang biasa digunakan , kali ini Jurped akan membahas 4 Manfaat EF yang umum digunakan bagi burung berkicau.

1. Kandungan Nutrisi, Fungsi & Manfaat Kroto – KR

Kroto atau telur semut rangrang adalah EF dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah, selain itu kroto juga mengandung mineral penting bagi burung seperti kalsium, zat besi, sodium, potassium, serta vitamin B1, B2, dan niacin yang dapat memberikan stamina serta membuat kondisi tubuh burung tetap fit. Bahkan di Thailand, jenis EF ini merupakan konsumsi umum manusia loh, biasanya orang Thailand membuatnya menjadi sup kroto hangat yang dipercaya dapat memberikan stamina bagi tubuh manusia.

Kesimpulan : Karena mengandung lemak dan kalori yang rendah, pemberian kroto pada burung sangat baik untuk mencegah obesitas, disertai dengan kadar Vitamin B-complex yang tinggi menjadikan burung lebih bugar serta membuat burung lebih aktif berkicau

2. Kandungan, Fungsi & Manfaat Jangkrik – JK

Jangkrik merupakan jenis EF dengan kandungan protein tinggi dan asam amino yang komplit yang baik untuk memelihara jaringan sel dalam tubuh serta memberikan stamina ekstra, Bahkan peneliti dari Universitas Teramo di Italia mengklaim bahwa dalam tubuh jangkrik segar terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi, bahkan 5x lebih tinggi daripada jus jeruk segar, Perlu diketahui bagi sobat kicau bahwa Antioksidan merupakan zat antibody yang mampu memperkuat sistem imun sehingga dapat menangkal serangan virus atau penyakit.

Kesimpulan : Karena mengandung Asam Amino yang tinggi dan lengkap, Pemberian jangkrik pada burung dapat memberikan tenaga ekstra dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

3. Kandungan, Fungsi & Manfaat Ulat Hungkong – UH

Ulat Hongkong atau yang umum disebut UH oleh penggemar kicau merupakan EF dengan kandungan protein dan lemak yang sangat tinggi. Kandungan nutrisi dari Ulat Hongkong yaitu 48% protein serta 40% lemak, sisanya adalah kandungan air dan jenis abu.

Kesimpulan : Karena mengandung kadar Protein dan Lemak yang sangat tinggi, pemberian Ulat Hongkong pada burung mampu memberikan energi jangka panjang, Kandungan lemak pada ulat Hongkong dapat memberikan efek hangat pada tubuh sehingga sangat cocok diberikan disaat musim penghujan. namun pemberian ulat hongkong harus diberikan dengan takaran yang tepat karena EF yang satu ini juga dipercaya mampu meningkatkan birahi burung dengan efek yang sangat cepat.

4. Kandungan, Fungsi & Manfaat Ulat Kandang – UK

Ulat Kandang atau UK menjadi salahsatu alternatif EF yang banyakdigunakan khususnya untuk burung sirtu dan ciblek, dalam tubuh ulat kandang mengandung protein dan asam amino yang tinggi. Namun tidak seperti kerabat dekatnya Ulat Hongkong, jenis Ulat Kandang lebih rendah lemak sehingga aman diberikan dalam jangka panjang.

Kesimpulan : Pemberian Ulat Kandang dapat meningkatkan energi jangka panjang

Nah, jika sobat Jurped sudah tahu fungsi dan manfaat EF yang disebutkan diatas, tentunya sobat bisa berikan EF yang tepat untuk burung kesayangannya, dengan terlebih dahulu memantau kondisi kesehatan dan birahi burung.

Belum ada Komentar untuk "4 Jenis EF Yang Umum Digunakan : Kandungan Nutrisi, Fungsi & Manfaat EF Bagi Burung Berkicau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel