7 Tradisi Unik & Aneh Yang Menjadi Kebudayaan Indonesia

Indonesia memiliki berbagai etnis, suku dan kepercayaan, jadi tak salah jika dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda-beda dan aneh pada setiap daerah. Sampai sekarang, budaya-budaya ini terjaga dan kamu bisa melihat budaya ini masih hidup di masyarakat. 
Budaya ini hanya bisa ditemukan di tanah air tercinta kita yaitu Indonesia. Tradisi aneh apa sih yang ada di Indonesia? Penasaran? Yuks simak 7 ulasan budaya aneh di Indonesia berikut ini. Cekidot!


Debus-Banten


Debus Banten merupakan seni bela diri yang berasal dari Banten. Seni bela diri yang dikenalkan sejak abad ke-16 ini, menampilkan atraksi yang sungguh menyeramkan, seperti mengiris lidah dengan gergaji, mengunyah kaca, makan api, memasukkan jarum ke pipi dan lain sebagainya. Seni bela diri ini, dilakukan semata-mata untuk menunjukkan iman dan ketakwaannya kepada Tuhan.

Budaya Potong jari - Papua

Budaya Potong jari-Papua
Tradisi yang cukup ekstrem ini dilakukan oleh suku Dani. Tradisi aneh ini, dilakukan oleh mereka sebagai ungkapan rasa sedih yang mendalam karena ditinggal oleh anggota keluarganya. Semakin banyak kita melihat jari warga Papua yang dipotong, berarti semakin banyak pula anggota keluarga mereka yang telah meninggal.

Gigi Runcing Suku Mentawai - Kalimantan

Gigi Runcing Suku Mentawai - Kalimantan

Budaya aneh ini, dilakukan oleh wanita yang cantik. Menurut suku Mentawai, wanita yang tergolong cantik harus memenuhi tiga kriteria. Kriteria pertama adalah memiliki telinga yang panjang. Kedua, tubuhnya dihiasi dengan tato. Ketiga, giginya runcing. Nah, tradisi meruncingkan gigi ini diyakini akan menambah kecantikan si wanita.

Ma’nene - Sulawesi

Ma’nene - Sulawesi

Budaya ini merupakan sebuah proses penghormatan untuk roh leluhur. Budaya ini dilakukan dengan cara menggali kuburan leluhur setiap tiga tahun sekali dan dikeluarkan dari peti untuk kemudian didandani dengan gaun atau jas, seperti hendak pergi ke pesta. Setelah itu, mayat diarak keliling kampung oleh beberapa anggota keluarganya. Konon katanya, mayat tersebut akan berdiri tegak di atas kakinya sendiri, seperti ada kekuatan ghaib yang menopangnya.

Kebo Keboan - Banyuwangi

Kebo Keboan - Banyuwangi

Upacara adat kebo-keboan ini merupakan tradisi yang diadakan satu tahun sekali setiap tanggal 10 Suro atau 10 Muharram. Upacara ini merupakan gabungan antara upacara minta hujan pada saat terjadi kemarau panjang, sekaligus upacara ungkapan rasa syukur karena panen berhasil dengan baik.

Pada upacara ini laki-laki berdandan menyerupai kerbau dan mereka harus berkubang di tengah kubangan sawah yang baru dibajak. Mereka diarak keliling desa, dengan diiringi karnaval kesenian rakyat.

Ritual Tiwah - Kalimantan Tengah

Ritual Tiwah - Kalimantan Tengah

Upacara ini biasa dilakukan untuk orang yang sudah lama meninggal oleh suku Dayak. Upacara ini dilakukan dengan pengantaran tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut Sandung.

Nah, tujuan dari upacara ini adalah untuk meluruskan perjalanan arwah orang yang sudah meninggal menuju surga atau yang sering disebut Lewu Tatau. Upacara ini juga bertujuan untuk melepaskan kesialan bagi keluarga yang telah ditinggalkan.

Pasola - Sumba - NTT

Pasola - Sumba - NTT

Desa ini memiliki tradisi perang dan pertumpahan darah yang dilakukan dua kali dalam setahun. Peperangan tersebut berbentuk pelemparan tombak kayu terhadap desa yang berbeda. Menurut mereka, darah yang tumpah di tanah dapat menjanjikan panen yang baik pada tahun tersebut.

Bahkan, apabila darah yang tumpah pada tanah sedikit atau kurang banyak, warga desa akan turun dari kuda dan kemudian berkelahi dengan batu hingga terjadi pertumpahan darah.

Nah, itulah 7 budaya Indonesia yang sangat aneh, yang telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Budaya di atas, masih rutin dilakukan oleh masing-masing daerah.

Belum ada Komentar untuk "7 Tradisi Unik & Aneh Yang Menjadi Kebudayaan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel