Tips Menyusun Strategi Dalam Persaingan Bisnis

Wirausahawan semakin menggeliat saja di era sekarang. Jika dulu berwirausaha itu segelintir orang saja yang menjalankan. Tapi kini mulai banyak para wirausahawan yang bermunculan di banyak tempat.

Kemunculan banyaknya para bisnisman dadakan ini tentu saja membuat pemetaan bisnis semakin ketat saja. Perlu ada kiat-kiat khusus agar wirausaha tetap stabil di tataran global. Lalu apa saja yang membuat suatu bisnis bisa tetap survave dalam setiap zaman. Berikut beberapa kunci agar suatu bisnis bisa berjalan lancar.
Tips Menyusun Strategi Dalam Persaingan Bisnis

Menyusun Strategi Bisnis

Strategi merupakan langkah, taktik atau tindakan yang harus ada dalam sebuah organisasi. Suatu organisasi yang ingin bersaing dengan kelas dunia, tentunya organisasi itu harus memiliki sebuah manajemen yang bagus.

Baik secara operasional, pelayanan, dan kemudian harus memiliki produk yang berkualitas. Dalam buku berjudul Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi Karya Muhammad Anwar, suatu strategi dalam perusahaan atau organisasi mempunyai komposisi sebagai berikut.

Pertama, karyawan harus memiliki banyak keahlian. Karena karyawan dituntut memiliki banyak kelebihan itulah mengapa perusahaan-perusahaan besar menginvestasikan sebagian pendapatnya untuk mengembangkan potensi karyawan.

Karyawan yang polymath (menguasai banyak kemampuan) tentu saja akan membuat capaian produksi lebih cepat dari karyawan biasa. Itulah mengapa pusat industrialisasi sekarang lebih berkembang di Tiongkok ketimbang di Amerika Serikat. Hal ini lantaran SDM di Tiongkok lebih dapat menguasai berbagai disiplin keilmuan yang amat banyak daripada SDM lainya.

Kedua, pihak perusahaan harus memiliki rencana untuk memonitor kepuasan konsumen dengan membagi selebaran angket. Dalam teknik-teknik penyebaran angket yang lebih canggih, ada beberapa perusahaan yang memberikan angket kepuasan konsumen melalui web aplication.

Cara-cara seperti ini sering dijalankan oleh perusahaan teknologi yang bergerak di bidang mobile. Salah satunya perusahaan Samsung, dan LG. Kita tahu bahwa setiap pembelian produk Samsung dan LG itu pasti ada angket yang diberikan kepada konsumen. Nah angket ini sebetulnya sebagai alat instrumen bagi perusahaan Samsung dan LG untuk mengukur seberapa kepuasan pelanggan terhadap produknya.

Cara-cara seperti ini bisa Anda terapkan ke dalam pola bisnis kalian. Kalian bisa memulai membangun apa kemauan pelanggan dengan melakukan penyebaran angket.

Dengan begitu, kita akan tahu sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan. Dan yang lebih penting, pelanggan bisa memberi masukan terkait produk yang dijualnya. Pola-pola feedback yang seimbang antara konsumen dan produsen seperti ini pada akhirnya akan menguntungkan kedua pihak.

Ketiga, hal ketiga yang ada dalam sebuah strategi pengorganisasian bisnis adalah adanya keterbukaan dalam mendorong dan meningkatkan kreativitas dan inovasi. Suatu perusahaan tidak boleh ego dalam menerapkan idealisme. Kendati perusahaan tersebut sudah berkibar dengan desain-desain dan protoype yang paling canggih dan kesanya terlihat berkualitas, tapi inovasi harus tetap jalan.

Ingat perusahaan Nokia yang dulu menguasai jagat pasar smartphone dunia kini nyungsep urutan paling terakhir, padahal di sekitaran tahun 2011, Nokia masih mengusai pasar penjualan Smartphone. Kebangkrutan Nokia secara drastis disebabkan karena Nokia tak mau berinovasi dengan menggunakan Android. Kala itu Nokia dengan sangat pedenya tetap memakai sistem operasi Symbian yang menurutnya masih tercanggih di antara sistem operasi lain.

Disinilah letak kebangkrutan sebuah perusahaan. Perusahaan yang terlalu pede dengan pencapaian keberhasilannya saat ini bisa saja diam-diam digulingkan lawan karena ketiadaan inovasi. Disini kita lihat bahwa peran dari inovasi itu harus terus digalakkan. Tanpa inovasi, perusahaan akan bangkrut dalam sekejap besar kemungkinan akan menganga.

Keempat, dalam suatu strategi sebuah perusahaan. Komunikasi antar divisi di sebuah perusahaan amatlah penting. Tanpa komunikasi, mustahil sekali terjalin kerja sama antara divisi satu dengan divisi lainya.

Dalam tata kelola pada sebuah organisasi perusahaan yang lebih modern. Proses komunikasi antar divisi pada sebuah perusahaan biasanya akan diadakan setiap minggu. Pada minggu-minggu terakhir, bagian HRD dan manajer akan mengumpulkan dari divisi satu ke divisi lainya.

Dalam perkumpulan itu. Masing-masing divisi akan dievaluasi, ada kendala seperti apa, dan permasalahan bagaimana yang menghinggapi proses kerja selama satu minggu itu. Dalam forum komunikasi tersebut pula biasanya akan dihasilkan pemecahan masalah.

Perusahaan yang sering mengadakan brifing di sela-sela waktu akhir merupakan perusahaan yang memiliki tata kelola baik. Perusahaan tersebut menjalankan fungsi controling ketat melalui evaluasi agar tetap menjaga nilai produk sebuah perusahaan.

Analisis Posisi Terhadap Kompetitor


Untuk menganalisis posisi perusahaan kalian terhadap kompetitor, hal pertama sekali yang harus dilakukan adalah mencari informasi yang jelas tentang pasar, kemudian mengukur posisi perusahaan kalian ada dimana. Untuk menganalisis dan mengukur posisi kompetitor, maka kalian harus mengenal tentang keunggulan produk yang dihasilkan, harga-harga konsumen, ketersediaan, pelayanan kepada pelanggan, kebijakan untuk perkembangan kesinambungan dan kondisi pasar.

Kemudian memberi penilaian posisi di mata konsumen dalam arti bagaimana persepsi konsumen terhadap perusahaan kalian dibandingkan dengan perusahaan lain. Jika persepsi konsumen terhadap perusahaanmu lebih buruk dari perusahaan kompetitor maka posisi perusahaanmu berada di bawahnya kompetitor.

Untuk memperbaiki posisi perusahaan kita menjadi jauh lebih baik dari kompetitor. Ada banyak cara yang dilakukan. Merunut cara-cara bisnis model Tiongkok, cara terjitu untuk mengalahkan kompetitor yaitu dengan meniru model bisnisnya lalu dikembangkan yang kurang.

Cara-cara seperti ini sudah lama terbukti. Perusahaan-perusahaan besar bahkan ada beberapa yang berhasil dilucuti dengan cara ini. Taruhlah bagaimana kesulitannya Samsung dalam menggempur pasar Smartphone Tiongkok, semenjak produsen seperti Huawei dan Xiomi yang teknologinya menginduk kepada Samsung lalu mengembangkannya menjadi lebih baik.

Cara-cara seperti ini harus kalian ikuti. Ini penting dilakukan, agar perusahaan kalian bisa menyingkirkan lawan dengan cara elegan.

Menetapkan Visi Misi Perusahaan


Sebuah perusahaan harus memiliki visi misi yang jelas arah perusahaannya akan dibawa kemana. Visi misi harus sinkron dengan produk yang dijalankan. Jangan visi misinya yang bagus tapi produk yang dihasilkan masih jauh sekali dengan visi misi yang ingin dicapainya.

Dalam pembuatan visi misi sebuah perusahaan. Terdapat tiga pembagian visi misi. Mulai dari visi misi jangka panjang, menengah, dan jangka pendek. Kedua jangka-jangka tersebut harus dipisah. Tujuannya agar tidak ada kerancuan pelaksanaan kegiatan produksi sebuah perusahaan.

Prosedur Laporan yang Sederhana

Pada tahap ini, sambil menjalankan usaha seorang wirausaha sebaiknya menyusun berbagai struktur keuangan karena hal ini bagi dunia wirausaha bertujuan memperoleh profit atau untung. Laporan struktur keuangan harus dibuat sesederhana mungkin agar tidak ada kesalahpahaman dalam membaca grafik penjualan.

Revisi Target  Usaha


Membangun usaha merupakan suatu tantangan yang tak menemui ujung, tantangan perusahaan harus tetap dicanangkan terus menerus walaupun tantangan sebelumnya sudah pernah dicapai. Dalam hal ini, seorang wirausahawan bukan hanya bertujuan memperoleh laba saja, melainkan juga seorang wirausahawan itu berhasil mempertahankan, memperluas, atau mengembangkan perusahaannya.

Jadi suatu perusahaan harus selalu menetapkan target. Jika target lama sudah tercapai, revisilah target lama itu dengan target baru. Dengan demikian, sebuah perusahaan akan bisa berkembang dengan cepat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyusun Strategi Dalam Persaingan Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel