Cara Mencegah dan Mengobati Bengkak Pada Kaki Burung Kenari

Hai sobat Jurped khususnya Kenari Mania dimanapun Kamu berada, Bagi pemilik burung kenari sering kali kenari kesayangannya terkena penyakit Bulbulan atau bahasa kerennya Bumble Foot, dimana penyakit ini menyerang kaki burung kenari hingga terjadinya pembengkakan. Ada beberapa penyebab timbulnya penyakit ini. Yah, masalah klasiknya lantaran burung kenari kesayangan lupa di kerodong dan menjadi sasaran paling empuk bagi nyamuk untuk menyerang kaki kenari. Namun bengkak pada kaki burung kenari tak selamanya di akibatkan oleh gigitan nyamuk,banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya antara lain:
Cara Mencegah dan Mengobati Bengkak Pada Kaki Burung Kenari


1. Tungau

Tungau berukuran mikroskopis dibawah jaringan kulit sisik pada kaki dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki burung kenari, hal semacam ini bisa juga terjadi di wajah. Jenis tungau ini bertelur dan berkembangbiak dibawah jaringan kulit/sisik, penyebab umumnya lantaran kondisi kandang yang kotor, yaah abis pemiliknya jorok sih, jarang bersihin kandang.

2. Tenggeran

Bentuk atau bahan tenggeran yang kurang cocok contohnya terbuat dari plastik, terlalu keras, terlalu lebar,terlalu tajam dan sebagainya akibatnya kaki menjadi lecet sehingga menimbulkan infeksi bakteri atau jamur

3. Asam Urat

Bukan hanya manusia loh yang kena penyakit asam urat, Kenari pun bisa kena penyakit asam urat. Bengkak yang terjadi pada kaki kenari bisa terjadi ketika kenari yang kelebihan makan sehingga menyebabkan berlebihnya asam urat didalam aliaran darah sehingga kelebihanasam urat tersebut akan menumpuk pada persendian kaki atau telapak kaki dan menimbulkan pembengkakan pada kaki kenari.

4. Penyakit Ginjal

Gejala umum yang sama seperti manusia saat terkena penyakit ginjal yaitu pembengkakan pada kaki, Burung kenari yang memiliki penyakit ginjal sangat rentan terhadap penyakit kaki Bulbulaan / Bumble Foot ini, lantaran cairan yang tidak dapat diproses di tubuh, turun ke bagian kaki.

5. Obesitas

Kenari yang mengalami obesitas bisa mengalami pembengkakan pada kakinya, lantaran kaki merupakan daerah yang menerima banyak tekanan pada tubuh burung kenari, makanya saat ada kenari yang sudah kegemukan diwajibkan diet dan perbanyak makan sayuran, kalau perlu diajak senam yoga dan jogging hehee

Cara Mencegah Pembengkakan Pada Kaki Burung Kenari :

1. Membersihkan kandang dan tempat tenggeran secara teratur, potong kuku kenari jika terlihat panjang.

2. Mengganti tenggeran dengan yang sesuai jika tenggeran yang digunakan dirasa kurang tepat, misalnya terlalu besar atau terlalu banyak serat, ditahap awal dengan cara melunakan tempat bertenggernya, bisa dengan menggunakan perban atau kain yang dililitkan pada tenggerannya.

3. Mengatur pola makan yang sesuai porsi dan lebih tinggi kandungan nutrisinya yaitu dengan memberikan sayuran yang berwarna hijau tua sebagai sumber vitamin A, jangan berlebihan memberikan telur rebus, karena dengan mengkonsumsi telur rebus yang berlebihan ini membuat kadar asam urat menjadi meningkat dan ini menjadi awal penyebab terjadinya penyakit bumble foot ini.

Cara Pengobatan Bengkak Pada Kaki Burung Kenari :

1. Antibiotik bisa diberikan dan juga salep pada kakinya, jika pembengkakan tersebut dalam kondisi yang sangat parah maka pemberian perban mungkin diperlukan dengan penggantian perban yang dilakukan secara berkala, jangan mengupas atau mengangkat dan menusuk kaki yang bengkak.

2. Bersihkan dengan alkohol karena alkohol berfungsi membunuh kuman.

3. Olesi kaki yang bengkak dengan minyak tawon untuk membantu proses penyembuhan

Lakukan proses tersebut 2x sehari jika pembengkakan tidak terlalu parah kaki kenari mulai membaik pada hari ke-3.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencegah dan Mengobati Bengkak Pada Kaki Burung Kenari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel